Banjir Semakin Meninggi, Pemkab Banjar Kerahkan Semua Stakeholdernya

MARTAPURA,- Ketiggian genangan banjir yang terjadi di beberapa kecamatan di Kabupaten Banjar sejak, Selasa ( 12/ 01 ) dini hari, membuat kepanikan warga.

Menyikapi hal tersebut, Bupati Banjar H. Khalilurrahman langsung menggelar rapat mendadak di rumah dinasnya Selasa ( 12 / 01 ) pagi.    

Rapat dadakan ini di ikuti oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar H.M Hilman, Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian ( DKISP ) H.M Aidil Basith didampingi Kepala Bidang IKP Eddy Elminsyah Jaya,  Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD ) Irwan Kumar, Kepala Dinas Sosial ( Dinsos ) H. Ahmadi, Asisten Pemerintahan dan Kesra H. Masruri, Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan ( Disnakbun ) Dondit Bekti, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan asset Daerah ( BPKAD )  Ahmad Zulyadaini, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar Hj. Raudatul Wardiyah serta Kepala Baznas      

Dalam pembahasan rapat dadakan tersebut Bupati Banjar, H. Khalilurrahman mengharapkan penyaluran bantuan dan antisipasi lainnya segera ditanggapi dan cepat dilaksanakan, terutama dalam hal bantuan yang diutamakan untuk korban yang dipengungsian terlebih dahulu.

Kepada DKISP juga di arahkan Bupati Banjar untuk mengkonsep dan menyiarkan imbauan terkait banjir ini, serta memantau langsung kelapangan untuk memberikan himbauan kepada masyarakat.

Bupati Banjar yang akrab disapa Guru Khalil mengatakan, beberapa poin yang harus diperhatikan semua pihak sehubungan tingginya curah hujan beberapa hari terakhir hingga menyebabkan terjadinya banjir dan tanah longsor dibeberapa titik.

  1. Mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan waspada teruta yang dekat dengan bantaran sungai atau lokasi yang berpotensi besar terjadinya banjir.
  • Masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas kebencanaan seperti dapur umum dan tempat pengungsian yang telah disediakan.
  • Daerah yang mengalami banjir hati-hati dengan aliran listrik, matikan arus listrik untuk mencegah terjadinya setrum yang tidak perlu.
  • Bagi pengendara kendaraan bermotor agar hati hati dijalanan, karena jalan licin dan berupaya untuk menghindari jalan yang tergenang banjir dan berpotensi longsor
  • Kami akan mengerahkan semua stakeholder untuk membantu akibat banjir dengan menyediakan dapur umum dan tempat pengungsian yang layak.
  • Mengimbau untuk saling bantu membantu dan bahu membahu dalam tanggap darurat pasca bencana banjir untuk memberikan laporan tentang dampak banjir kepada posko tanggap darurat terdekat dan mencegah hoax atau informasi palsu.
  • Bagi masyarakat yg terkena banjir, atas nama pribadi dan pemerintah Kabupaten Banjar berharap masyarakat bisa tabah dan sabar dalam menghadapi bencana ini dan menjadi hikmah bagi semua.
Reporter : Rifky Zidane 
Editor : Ronny Lattar 

banjirbanjirmeninggibupatibanjarcurahhujandapurumumevakuasikominfobanjarpengungsianrapatrapatdadakan