BBPOM Banjarmasin Gelar Bimtek Keamanan Pangan Bagi Kader KPS

 

GAMBUT,- Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Banjarmasin melalui Kelompok Substansi Infokom menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Keamanan Pangan untuk Kader Keamanan Pangan Sekolah (KPS) se-Kabupaten Banjar, di Hotel Aston Banua, Kecamatan Gambut, Rabu (29/5/2024) pagi.

Bimtek dibuka Ketua Tim substansi Infokom BBPOM Banjarmasin Gusti Maulita Indriyana, dihadiri 8 perwakilan sekolah binaan BBPOM, Kemenag, Dinas Pendidikan, Kesehatan, Dinsos P3AP2KB, DPRKPLH dan DKISP Kabupaten Banjar.

Di hadapan peserta salah satu narasumber yang juga PFM Penyelia BBPOM Banjarmasin Naillah memaparkan peran kader KPS. Menurutnya, kader KPS merupakan anggota atau bagian dari Tim Keamanan Pangan Sekolah yang terdiri dari unsur guru, orang tua atau komite sekolah.

“Kader KPS adalah orang yang sudah mendapatkan bimtek dari BBPOM dan memperoleh sertifikat di bidang keamanan pangan serta ditugaskan oleh kepala sekolah dalam tim KPS,” jelasnya.

Tugas kader KPS, lanjut Naillah adalah melakukan intervensi keamanan pangan kepada komunitas sekolah dengan upaya, diantaranya menggalang komitmen dan meningkatkan kesadaran komunitas sekolah dalam mengimplementasikan prinsip-prinsip keamanan serta memastikan keamanan pangan jajanan anak usia sekolah.

“Semoga tahun depan ada perwakilan sekolah di Kabupaten Banjar yang dapat mewakili Kalsel dalam lomba sekolah dengan PJAS Aman tingkat nasional,” harapnya.

Merilu Ripner salah satu anggota bimtek yang juga sebagai Kabid PPPA mengajak instansi terkait agar dapat berkolaborasi dalam mewujudkan sekolah pangan aman dan ramah anak di Kabupaten Banjar.

“Usai mengikuti bimtek ini nantinya kami para kader KPS akan mendorong sekolah untuk memenuhi persyaratan keamanan pangan, salah satunya melakukan pemantauan berkala terhadap keamanan dan mutu pangan yang dikonsumsi anak usia sekolah,” tambahnya.

Sejauh ini 8 sekolah yang dibina BBPOM Banjarmasin antara lain SDN Jawa 5, SDN Jawa 2, Min 14, Min 16, SMPN 1 Kertak Hanyar, SMPN 2 Martapura Timur, Man 2 dan Man 4 Banjar.

 

 

 

Reporter : Rifky Zidane

Editor : Ronny Lattar

Uploader : Suhendra

Related posts

Dukung Dunia Pendidikan, “Desa Pintar” di Karang Intan Serahkan Sejumlah Bantuan

Martapura Nihil Korban, Aparat Desa Diminta Lapor Jika Menemukan Tanaman Kecubung  

Aplikasi Si Kembar dan SIMPUL Disosialisasikan