Bingung Cari Tambahan Modal Usaha, Ini Solusinya

Martapura,- Masyarakat Kabupaten Banjar yang berniat membuka usaha atau ingin menambah permodalan untuk menjalankan usahanya setidaknya bisa bernafas lega. Pasalnya Bank Kalsel menawarkan pinjaman dengan angsuran ringan mulai dari pinjaman 5 juta hingga 500 juta rupiah lewat program Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Demikian diungkapkan Kepala Bank Kalsel Cabang Martapura, Iwan saat gelaran obrolan santai berbahasa daerah (Banjar) TABAH (Takuni Abah) yang dipandu oleh host Abah Basith didampingi co-host Anang Ronny dan Utuh Pepen, di studio Radio Suara Banjar 100,4 Fm, Jumat (10/7) pagi.

Dikatakan Iwan, berbagai program ditawarkannya salah satunya KUR yang langsung bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Tentu saja untuk pinjaman KUR dimaksud, masyarakat yang mengajukannya harus disertai dengan persyaratan yang sudah ditentukan seperti KTP, KK, Surat Izin Usaha yang didapatkan dari pihak kelurahan atau kepala desa dimana yang bersangkutran tinggal.

“untuk jaminan bisa menggunakan BPKB atau Sertifikat, syaratnya cukup mudah dan prosesnyapun cepat tergantung kelengkapan syarat yang dimiliki,” ujarnya.

Lebih jauh dikatakannya, untuk pinjaman KUR dimaksud cukup bervariasi nilainya, tergantung dari peminjam namun harus disesuaikan dengan kemampuan untuk membayar perbulannya.

“lebih baik pinjam di Bank Kalsel ketimbang pada rentenir yang bunganya lebih tinggi” katanya       

Selain pinjaman KUR, pihaknya juga menawarkan rumah bagi masyarakat yang berniat untuk beli rumah dengan cara kredit bayar perbulan. Program rumah ini diperuntukan bagi warga yang belum memiliki rumah saja. Pengajuan perumahan ini bisa dilakukan dengan persyaratan yang sudah ditentukan, dengan pembayaran perbulan selama 20 tahun dan suku bunga 5% dinilai sangat ringan untuk membantu masyarakat untuk memiliki rumah sendiri.

“dari pada kita harus ngontrak dan bayar perbulan, lebih baik kita ambil perumahan, toh sama saja kita juga bayar perbulannya. Pilih yang mana, bayar kontrakan perbulan tapi rumahnya milik orang lain, atau bayar perbulan tapi rumahnya milik kita,” ujar Iwan melucu yang juga terdengar fasih berbahasa Banjar.

Ditambahkan Iwan untuk lebih jelasnya, bisa langsung datang ke Bank Kalsel guna menanyakan kepada petugas, baik itu bank Kalsel cabang Martapura, serta unit lainnya seperti di Jalan Sekumpul Ujung Martapura , Gambut serta dikawasan Matraman Kabupaten Banjar.     

Reporter : Pepen
Editor : Ronny 

Related posts

Dukung Laporan Perencanaan Yang Akuntabel, DKISP Luncurkan “Siparing”

Dukung Dunia Pendidikan, “Desa Pintar” di Karang Intan Serahkan Sejumlah Bantuan

Martapura Nihil Korban, Aparat Desa Diminta Lapor Jika Menemukan Tanaman Kecubung