Dimasa Kampanye, Bawaslu Banjar Akan Pantau KPU Dan Paslon Dalam Pencegahan Covid-19

MARTAPURA,- Bupati Banjar H.Khalilurrahman hadiri Rakor melalui vidcon bersama Menko Polhukam RI Mahfud MD, Mendagri M. Tito Karnavian, Ketua KPU RI Arief Budiman, Ketua Bawaslu RI Abhan, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Idham Azis, Jaksa Agung RI Burhanuddin, Kabin dan Kasatgas Covid-19, melalui Command Center Barokah Martapura, Rabu, (09/09) siang.

Bupati Banjar didampingi Sekda Banjar H.M.Hilman, sejumlah unsur Forkopimda, Ketua KPU Banjar Muhaimin, Ketua Bawaslu Banjar Fajeri Tamzidillah, serta sejumlah SKPD terkait lainnya.

Ketua Bawaslu Banjar Fajeri Tamzidillah kepada Radio Suara Banjar mengatakan, selaras dengan situasi yang dipaparkan di vidcon mengenai tahapan Pilkada Serentak 2020, pihaknya selalu memantau KPU dan Paslon yang akan memasuki masa kampanye untuk mematuhi tahap pencegahan penyebaran Covid-19 dalam pelaksanaannya.

“Berkaitan dengan tahapan-tahapan Pilkada 2020 ini, kita lebih menekankan sosialisasi kepada masyarakat tentang aturan-aturan kepemiluan dan juga tentunya pemilu kita sekarang mengedepankan protokol kesehatan. Seperti yang dikemukakan BNPB Pusat, banyak sekali daerah-daerah yang saat ini zona merah, Kabupaten Banjar sendiri zona sedang” tukasnya.

Sementara itu Kapolri Idham Azis menjelaskan situasi kamtibnas menjelang pilkada serentak 2020, antara lain melaksanakan Operasi Mantap Praja 2020 dengan 192.028 personil dan Operasi Aman Nusa II untuk melakukan pencegahan penyebaran Covid-19.

“Kami juga membentuk Satgas Anti-Hoax dan Satgas Anti Money Politic untuk mengedepankan strategi preventif-represif dalam menangani isu-isu hoax dan provokatif” jelasnya.

Dalam Rakor ini dijelaskan jadwal lanjutan tahapan pemilihan (PKPU No.5 Tahun 2020), yakni saat ini telah dilaksanakan pendaftaran Paslon, selanjutnya akan dilaksanakan penetapan Paslon, pengundian dan pengumuman nomor urut Paslon, serta masa kampanye rencananya akan digelar pada akhir September hingga awal Desember mendatang.

Reporter : Inka Regina
Editor : Ronny Lattar 
bawaslubnpbpusatbupatibanjarcovid19jaksaagungkapolrikpumendagripemkabbanjarprotapcovidrakortnipolri