Gegara Banjir, Bank Sampah Daurs Lahirkan Inovasi RPM Manis

 

MARTAPURA,- Berawal dari musibah banjir yang terjadi pada awal tahun 2021, para pemuda digerakan dalam kegiatan gotong royong untuk normalisasi hingga pemeliharaan aliran sungai. Kemudian lahirlah inovasi  RPM Manis (Relawan Pemuda Mandarsari Menjaga Aliran dan Normalisasi Sungai) pada 5 Maret 2021.

 

Hal tersebut diungkapkan Sabarudin Ketua RPM Manis saat gelaran talkshow bersama Bank Daurs Purna Praja Kelurahan Mandarsari, Kecamatan Kertak Hanyar, di Radio Suara Banjar, Rabu (21/6/2023) siang.

 

Inovasi yang dijalankan didominasi oleh para pemuda tersebut terbentuk atas rasa kepedulian terhadap fungsi, kebersihan, dan normalisasi aliran sungai.

” Didominasi anak muda yang tergabung dalam karang taruna, sekitar 30 orang berfokus pada kegiatan mengembalikan fungsi sungai untuk mencegah banjir terutama dari tumpukkan sampah,” ucap Sabarudin yang juga menjabat sebagai Ketua RT 5 Kelurahan setempat.

 

Tidak ada anggaran dana yang disiapkan khusus setiap kali menggelar gotong royong. Namun kesadaran yang tinggi oleh masyarakat akan betapa pentingnya fungsi sungai dana tersebut terkumpul secara swadaya dari warganya.

” Biasanya Sabtu dan Minggu kita gotong royong, mereka swadaya, tapi ada juga yang tidak bisa hadir karena ada keperluan lain, tapi mereka nitip dana sebagai partisipasi. Dari pihak pengembang perumahan setempat bisa juga dilibatkan dengan pinjam alat berat untuk normalisasi,” ujarnya.

 

Dulunya sungai kurang mendapat perhatian dan  pemeliharaannya dilakukan secara individu, kini telah berubah dan berdampak baik bagi masyarakat. Adanya inovasi RPM Manis lanjut Sabarudin sangat bermanfaat mencegah terjadinya banjir, aliran air kepersawahan warga menjadi lancar, mencagah timbunan sampah dan sumber penyakit dilingkungan masyarakat seperti Demam Berdarah Dangue (DBD), penyakit kulit dan lainnya.

 

Kedepan pihaknya punya rencana memanfatakan air sungai yang sudah besih tersebut menjadi tambak ikan dan bisa dijadikan area memancing, dengan pengadaan bibit melalui pengajuan ke Dinas Perikanan Kabupaten Banjar.

 

 

Reporter : Bagus F

Editor : Ronny Lattar

Uploader : Suhendra

aliransungaibankdaursbanksampahkabupatenbanjarmandarsaripemudaradiosuarabanjarrelawansampahtalkshow