Giliran Pokja II dan IV Kader PKK Ikuti Peningkatan Kapasitas

 

 

GAMBUT,- Kegiatan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK merupakan giat ekonomi yang diusahakan oleh keluarga baik secara perseorangan maupun kelompok yang modalnya bersumber dari swadaya masyarakat, bantuan pemerintah dan bantuan lainnya yang sah dan tidak mengikat.

Hal tersebut diutarakan Ketua Tim Penggerak PKK Banjar Hj Nurgita Tiyas saat membuka kegiatan Peningkatan Kapasitas Kader UP2K bagi Pokja II dan Sanitari Total Berbasis Masyarakat (STBM) bagi Pokja IV, di Hotel Aston Banua, Gambut, Kamis (18/04/2024) siang.

Peningkatan kapasitas ini diikuti 200 kader PKK, masing-masing dari Pokja II 100 kader dan 100 lainnya dari Pokja IV.

Selain untuk menumbuhkembangkan usaha ekonomi keluarga, lanjut Nurgita UP2K PKK juga sebagai usaha menciptakan dan memperluas lapangan pekerjaan.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman kader tentang pengelolaan dan pengembangan usaha ekonomi keluarga serta pengurus UP2K desa,” ucapnya.

Nurgita Tiyas berharap usai mengikuti pelatihan, para kader PKK dari tingkat kecamatan hingga desa dapat lebih mengoptimalkan pengelolaan UP2K sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan keluarga.

Selain Pokja II, Pokja IV PKK Banjar juga mengikuti peningkatan kapasitas dengan salah satu tujuannya untuk meningkatkan pengetahuan para kader tentang sanitasi lingkungan dalam rangka percepatan penurunan Stunting di Kabupaten Banjar.

Diakhir, Nurgita Tiyas didampingi Sekretaris DPMD Noon Zairina Warsita meninjau stand UP2K dari 20 kecamatan diantaranya Kecamatan Martapura Timur, Pengaron dan Sambung Makmur.

 

Reporter : Rifky Zidane

Editor : Ronny Lattar

Uploader : Suhendra

desakabupatenbanjarkecamatankelurahanketuatppkkbbanjarpemkabbanjarpkkpokjatppkkbanjar