Haul 217 Datuk Kelampayan, Panitia Siapkan 100 Ribu Lebih Kemasan Konsumsi Jemaah  

MARTAPURA TIMUR,- Sedikitnya 100 ribu lebih kemasan nasi disiapkan panitia untuk jemaah pada puncak peringatan haul ke 217 Maulana Syeich Muhammad Arsyad Al Banjari (Datuk Kalampayan).

Hal ini diungkapkan oleh salah satu panitia pelaksana (Ketua Dapur) Guru Muhammad Rofi’i disela-sela kesibukannya bersama panitia lainnya, di Desa Dalam Pagar Ulu, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar, Senin (24/4/2023) siang.

“Peringatan puncaknya, kita persiapan beras untuk masak sekitar 700 blek,” ujarnya.


Guru Rofi’i mengatakan, dalam pelaksanaan haul ke 217 ini pihak panitia cukup banyak waktu dalam persiapan, mengingat izin dari pihak keamanan sudah ada sejak jauh hari. Berbeda halnya dengan tahun sebelumnya izin yang dikeluarkan waktunya cukup mepet dengan pelaksanaan haul, lantaran masih terjadinya pandemi Covid-19, sehingga panitia agak kerepotan.

” Kalau tahun lalu izinnya keluar dari kepolisian dua hari menjelang lebaran, jadi cukup kerepotanlah,” ucapnya.

Puncak peringatan haul ke 217 pengarang kitab Sabilal Muhtadin tersebut akan dihelat di Masjid Tuhfaturraghibin di Desa Dalam Pagar Ulu, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Kamis (27/4/2023) pagi. Jumlah jemaah diprediksi akan membludak lantaran melandainya Covid-19 dan pencabutan PPKM oleh pemerintah.

Reporter : Bagus F
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra

albanjariarsyaddalampagaruludatukkalampayanhaulmuhammadsabilalmuhtadinulamaulamabesarulamanusantara