Isi Kemerdekaan Dengan Saling Mengingatkan Budaya Bersih

MARTAPURA,- Mengisi kemerdekaan bisa dilakukan dengan cara apa saja termasuk lebih peduli terhadap kesehatan dan kebersihan lingkungan serta memahami pola pilah sampah.

Demikian dijelaskan Direktur Bank Sampah Sekumpul Dewi Heldayati saat menjadi narasumber talkshow di program Bakisah (bijak kelola sampah) di Radio Suara Banjar, Kamis (25/08/ 2022) pagi.

Dewi menjelaskan, memilah sampah dari sumbernya menjadi kewajiban bagi seluruh warga negara Indonesia. Karena sudah pasti setiap penduduk Indonesia menimbulkan sampah dan diperlukan  kesadaran atas kewajiban tersebut.

” Jadi sudah saatnya kita memaknai kebangkitan di hari kemerdekaan salah satunya dengan memahami pilah sampah tadi,” ucapnya.

Dewi mengatakan, dalam rangkaian hari kemerdekaan RI ke 77, pihaknya menggelar berbagai perlombaan, seperti lomba mewarna dan lomba lainnya.

” namun disini kami menekankan edukasi tentang budaya pilah sampah kepada peserta lomba dan mendapatkan apresiasi yang sangat bagus, setidaknya ini nantinya bisa mengurangi permasalahan sampah yang ada di tempat kita sekarang,” ungkap Dewi.

Menurutnya, saat ini masyarakat mulai menyadari tentang kegiatan pemilahan sampah, yang mengalami sedikit peningjatan, terbukti dengan bertambahnya nasabah setiap bulannya dengan kisaran 5 sampai 10 nasabah baru.

Dewi juga berpesan kepada seluruh masyarakat agar saling mengingatkan tentang budaya kebersihan dan pilah sampah, setidaknya lakukan dari lingkungan terdekat yaitu rumah tangga.

Reporter : Akhmad Effendy
Editor : Ronny Lattar

Related posts

Dukung Laporan Perencanaan Yang Akuntabel, DKISP Luncurkan “Siparing”

Dukung Dunia Pendidikan, “Desa Pintar” di Karang Intan Serahkan Sejumlah Bantuan

Martapura Nihil Korban, Aparat Desa Diminta Lapor Jika Menemukan Tanaman Kecubung