Jelang Musim Kemarau, Banjar Bersiap Hadapi Karhutla

Martapura,- Dalam rangka mengantisipasi bencana alam kebakaran hutan dan lahan ( karhutla) di wilayah Kabupaten Banjar tahun 2020, Kepolisian Resort Banjar menggelar apel pengecekan pasukan sarana dan prasarana penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Banjar Senin (15/6) pagi.

Pengecekan pasukan dilakukan untuk membangun soliditas dan sinergitas ,sekaligus wujud kesiapan pasukan untuk  cepat tanggap dalam mengatasi kebakaran hutan dan lahan . Selain itu juga untuk mengetahui jumlah kekuatan dan sarana prasarana yang digunakan serta mengecek keterampilan dan penguasaan peralatan .

H. Mokhamad Hilman selaku sekretaris kabupaten Banjar memimpin langsung apel tersebut dengan melibatkan unsur TNI/Polri , BPBD Banjar, satpol PP, damkar, PMI serta Manggala Agni .

Bupati Banjar dalam amanatnya yang dibacakan Sekda Banjar berpesan untuk terus meningkatkan lagi kewaspadaan, serta terus berupaya melakukan pencegahan terhadap potensi kebakaran yang akan mungkin terjadi. oleh karena itu semua pihak terkait harus berperan aktif dalam mencegah hal-hal yang dapat memicu timbulnya bencana . Dengan cara melakukan penyuluhan, sosialisasi, kampanye, termasuk memastikan kekuatan pasukan dan penguasaan peralatan yang digunakan dalam penanganan karhutla.

Dalam keterangannya Kapolres Banjar AKBP Andri Koko Prabowo sudah menyiapkan sebanyak 600 personil dan sudah modifikasi motor dinas dengan selang saluran air sebanyak 74 unit. ” Kita sudah jauh jauh hari  telah menyiapkan pasukan dan sarpras untuk penanggulangan karhutla di tahun ini, bahkan motor dinas sudah kami modifikasi dengan tambahan selang saluran air untuk penyemprotan.” Katanya.

Sementara itu Kepala Pelaksana Harian BPBD Banjar HM Irwan Kumar mengatakan akan menyiapkan posko pusat bencana untuk memudahkan para personil gabungan dalam berkoordinasi. “kita sudah menyiapkan personil maupun relawan yang nantinya juga  akan disiapkan posko pusat dan posko-posko lainnya untuk memudahkan para personil gabungan dan relawan dalam berkoordinasi tentang penanggulangan karhutla di wilayah kabupaten Banjar, “. ujarnya.

kabupaten Banjarkapolres BanjarkarhutlaKebakarantnipolri