Kakanwil KemenkumHAM Kalsel Panen Telur Ayam

KARANG INTAN,- Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (KemenkumHAM) Kalimantan Selatan, Faisol Ali beserta jajaran sambangi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan, Jum’at (06/01/2023) siang.

Rombongan diterima Kepala Lapas Wahyu Susetyo beserta strukturalnya tersebut, melihat lebih dekat pelaksanaan program kemandirian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) pada area Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE) serta peternakan Lapas.

Kakanwil melihat proses panen telur ayam dan bebek. Bahkan dirinya masuk kedalam kandang untuk mengambil telur dan menempatkan pada raknya. Ia juga melihat pakan yang digunakan yakni pakan alami maggot buatan WBP hasil pelatihan.

Faisol Ali yang juga melihat pembesaran gurame, ikan lele pada media bioflok dan pembesaran papuyu. Ia sangat mengapreasisasi apa yang dilakukan oleh pihak Lapas dalam program kemandirian tersebut.

“Saya sangat mengapresiasi pembinaan yang diselenggarakan Lapas ini, luar biasa banyak produk unggulan yang dihasilkan, Ini berkat peran aktif petugas dan juga WBP,” tutup Faisol Ali.

Kalapas setempat Wahyu Susetyo mengatakan, pihaknya mengoptimalkan lahan sekitar Lapas untuk area produktif program kemandirian perkebunan, perikanan dan peternakan.

Wahyu menjelaskan, peternakan yang dimiliki beragam, diantaranya ayam petelur, ayam KUB (kampung unggul Balitbangtan), bebek mojosari alabio dan peternakan burung murai.
Sementara untuk sayuran, kacang panjang, selada, daun min, terong, bayam, ubi, kangkung dan pepaya. Dimana sayuran tersebut sebagian besar untuk memenuhi kebutuhan WBP di Lapas.

“Kita juga bekerjasama dengan pihak ketiga untuk pengolahan bibit sawit yang ada di area SAE,” tutupnya.

arb
Editor : Ronny Lattar

kaknwilkalapaskarangintankemenkumhamkunjunganlapasnarkotikapanentelurperkebunanpeternakan