Mensos RI Tri Rismaharini Pantau Operasi Katarak di RSUD Ratu Zalecha

MARTAPURA,- Menteri Sosial Republik Indonesia Tri Rismaharini didampingi Anggota DPR RI Syaifullah Tamliha, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ikhwansyah, Plt RSUD Raza Eka Listyrini lakukan kunjungan kerja (kunker) dalam rangka memantau bakti sosial operasi katarak, di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratu Zalecha Martapura, Kamis (21/9/2023) pagi.

 

Menurut Mensos Tri Rismaharini, operasi katarak ini tidak boleh terlambat, mengingat bahayanya apabila dibiarkan akan mengalami kebutaan. Ia menyebut bakti sosial tersebut dibantu pihak SCTV melalui Yayasan Peduli Amal.

“Alhamdulillah hari ini adalah hari kedua pihaknya melaksanakan operasi katarak dan masih ada satu hari besok, semoga bisa membantu masyarakat,” ujarnya.

Dikatakan, operasi tersebut tidak perlu ditakuti mengingat hanya operasi ringan dalam kurun satu minggu, masyarakat bisa beraktivitas seperti biasanya. Selama pemulihan operasi, masyarakat diarahkan untuk tidak dibolehkan kena air, menunduk dan mengangkat beban berat.

Sementara Plt Dirut RSUD Ratu Zaleha Martapura Eka Listyrini menyebut total peserta awal pasien katarak sebanyak 364 orang, hingga saat ini pasien bertambah hampir 400 orang dari 5 kabupaten/kota seperti Banjarmasin, Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Tapin dan Tanah Laut.

Untuk pasien katarak di Kabupaten Banjar, Rini menambahkan sedikitnya 80 orang dan yang dioperasi hanya 37 pasien. Penyebab beberapa pasien gagal dioperasi antara lain pasien darah tinggi, hipertensi dan sebagainya.

 

Diakhir, Mensos RI meninjau pasien katarak dan memberikan penghargaan kepada beberapa dokter RSUD Ratu Zalecha Martapura dalam pelaksanaan operasi katarak gratis. Operasi tersebut dilaksanakan dari 20-22 September 2023.

 

 

Reporter : Rifky Zidane

Editor : Ronny Lattar

Uploader : Suhendra

Related posts

Puluhan Pemuda di Kabupaten Banjar Ikuti Pelatihan Kewirausahaan  

Batasbih Fukaha Diluncurkan, Solusi Cepat Tepat Adukan  Permasalahan Layanan Kesehatan

Sambut Muharam, Yayasan Baitul Maal PLN UP2D KALSELTENG Tebar Kebaikan di Simpang Empat