Penanganan Desa Rawan Pangan dan Stunting, DKPP Banjar Gelar Kegiatan Terpadu

ALUH ALUH, – Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Banjar menggelar kegiatan terpadu untuk mengatasi rawan pangan dan stunting, di Desa Terapu Kecamatan Aluh-Aluh, Selasa (25/7/2023).

Kegiatan meliputi bantuan kolam terpal, pelatihan budidaya ikan lele, penyediaan beras murah, sosialisasi gemar makan ikan, sosialisasi tanda daftar kapal perikanan, pembentukan kelompok usaha bersama nelayan serta pelatihan pengolahan ikan lele menjadi panganan olahan.


Kepala DKPP Banjar H Ahmadi melalui Kabid Ketersediaan dan Distribusi Pangan, Muhammad Hamdani mengatakan, kegiatan terpadu ini melibatkan 5 bidang yang ada di DKPP Banjar.

“Kita melaksanakan kegiatan penanganan desa rawan pangan dan desa stunting secara terpadu yakni semua program di 5 bidang DKPP di laksanakan di lokus yang sama. Harapannya dengan keroyokan maka hasilnya juga akan lebih terasa dalam membantu ekonomi masyarakat,” jelas dia.

Hamdani berharap kegiatan ini nantinya bisa selaras dengan program ketahanan pangan desa dan berkelanjutan. Bukan tidak mungkin lanjut Hamdani, nantinya Desa Terapu akan menjadi sentra budidaya ikan lele kolam terpal, sehingga menjadi lahan usaha baru bagi masyarakat setempat.


Kepala Desa Terapu Jaelani menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan BKPP Banjar. Dia mengucapkan terima kasih atas dipilihnya Desa Terapu menjadi tempat kegiatan dalam penanganan desa rawan pangan dan stunting.

“ Alhamdulillah hari ini kita kedatangan bapak-bapak dan ibu-ibu dari DKPP, selain memberikan bantuan berupa kolam terpal bibit dan pakan juga memberikan pelatihan, baik berupa budidaya ikan maupun pengolahan ikan semoga desa kami bisa semakin berkembang,” harapnya.


Pada kegiatan terpadu disampaikan sosialisasi Gemar Makan Ikan oleh Kabid P2UP Salinah dan pelatihan pembuatan nugget ikan oleh Candra dosen Fakultas Perikanan dan Kelautan ULM. Pelatihan budidaya ikan oleh Kabid Budidaya Sipliansyah Hartani bersama tim teknis Irwan dan Kepala BBI Anas Noorfirdaus. Sedangkan sosialisasi tanda daftar kapal nelayan oleh Bidang Perikanan Tangkap dengan narasumber Basuki dan penyediaan beras murah oleh Bidang Ketersediaan dan Distribusi Pangan.

Rilis : Hamdani
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra

budidayadesadesastuntingdkppbanjargemarmakanikanikankapalketapangmasyarakatnelayanperikananrawanpangan