Webinar Listerasi Digital, Menjadi Produktif Melalui Dunia Digital

MARTAPURA,- Kementerian Komunikasi dan Informatika mengadakan webinar bertema “Menjadi Produktif Melalui Dunia Digital” di Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan, Selasa (06/07/2021) pagi, dipandu oleh host Reza Rahman.

“Gerakan literasi digital ini harus terus menggelinding, menjadi bola salju, membesar, sehingga seluruh warga Indonesia melek dan bisa mengakses ruang digital,” ujar Presiden Jokowi saat membuka webinar tersebut.

Bagaimana cara kita berinvestasi online? Aman dan Nyaman? Dikatakan narasumber Ahmed Tessario Ekanuramanta, CEO Sirtanio Organik, menyampaikan cara aman berinvestasi online.

“Bagaimana kita memanej risiko, bukan menghindari risiko,” ujarnya.

Yakni Online investasi. Yaitu adalah penanaman modal dan aset untuk suatu produksi, dan  menghasilkan keuntungan jangka panjang. Beberapa yang terkenal di dunia digital saat ini, salah satunya adalah reksa dana.

“Kita menitipkan uang kita ke manajeman investasi, dan banyak pemula yang memulai dari reksa dana”, jelasnya.

Tessario juga membahas soal Saham, yakni memberikan investasi ke perusahaan yang sudah terdaftar di OJK dan bursa saham, selain itu ada pula tabungan emas online.

“Bisa membeli emas secara online, emas yang kita beli disimpan oleh mereka,” katanya.

Selain itu ada Forex (Foreign Exchange), yang diketahui  paling berisiko dalam investasi online.

Sementara itu, Nanang Tri Hadisaputra, Shalokal Group, menghadirkan tema “Medsos Rekening Berjalan Anda, Medsos Juga Pusat Wawasan Informasi Anda. Salah satu strateginya adalah  berjualan di media sosial, caranya bisa menjual punya kawan atau punya kita sendiri.

“Ada target marketing atau pasar produk kita. Kita bisa buat grup FB atau Ig produk khusus kita itu,” kata Nanang.

Anggota grup itulah yang bisa menjadi konsumen produk. Tampilan unik dan menarik. Website atau akun medsos adalah toko online. Buat atau sediakan foto dan video semenarik mungkin.

Nanang juga mengintatkan, untuk selalu update foto dan video di website atau akun medsos. karena itu selalu ditunggu pembeli atau calon konsumen.

Nara sumber lainnya, Hasan Askari, CEO and Founder of PT Ace Human Resource mengatakan, ada empat jalan memilih pekerjaan di dunia digital saat ini.  Yakni enterpreneur, professionals, freelancer dan sosial worker.

“Freelancer, dibayar lepas dengan ikatan waktu atau ikatan perusahaan tertentu. Contohnya adalah  kata fotografer. Semakin jago semakin besar bayarannya dimata klien,” kata Hasan Askari.

Hasan menekankan, bahwa yang membedakan orang dibayar mahal, itu adalah kapasitas orangnya. Sejauh mana expertnya orang itu dalam bidangnya. Seperti pekerjaan di dunia digital, desain grafis, videografer, copywriter (penulis). Menjadi expert sebagai freelancer bisa semua didapatkan di ruang digital atau internet semuanya.

“Tinggal kita memilih yang mana, entertaiment atau education,” tambahnya.

Reporter : Rifky Zidane
Editor : Ronny Lattar

digitalKemenkominfolisterasiwebinar