Webinar Literasi Digital, Kenali Digital Semasa Pandemi

MARTAPURA,- Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) bersama Siberkreasi menggelar webinar literasi digital di Kabupaten Barito Kuala (Batola) yang bertajuk “Kenali Dunia Digital Dengan Literasi Semasa Pandemi”, Jumat (23/7/2021).

Kegiatan menghadirkan beberapa narasumber dengan membahas tema meliputi digital skills, digital ethics, digital culture, dan digital safety.

Narasumber pertama yaitu M. Erwin Rosadi, S.Ak yang merupakan seorang Badan Pengurus Cabang Hipmi Barito Kuala ini membahas tentang “Masyarakat Digital, (Membangun Hubungan Interpersonal Secara Digital)”.

Erwin mengatakan, pentingnya kemampuan literasi digital masyarakat saat ini dan ini merupakan literasi digital yang menunjang terwujudnya agenda transformasi digital masyarakat Indonesia kedepannya, sebagai tingkat paling dasar.

Kemampuan literasi digital adalah paling krusial dalam menghadapi perkembangan teknologi saat ini, untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang tidak hanya mengenal teknologi tapi juga cermat menggunakannya.

“Menurut survey Kemkominfo dan Kata Data 2020 lalu terhadap status literasi digital nasfinal yang mengacu kerangka literasi digital milik UNESCO, menunjukkan indeks literasi digital Indonesia ada pada angka 3,4 dari skala 1-4. Hal itu menunjukkan indeks literasi digital kita hanya ada pada sedikit di atas sedang, namun belum mencapai tingkat baik,” ucap Erwin.

Karena itu, pemerintah dalam hal ini Kemkominfo dan Siberkreasi terus mendorong peningkatan literasi digital masyarakat. Ia juga berharap peran stakeholder lainya dan kesadaran masyarakat untuk mendukung program literasi digital nasional tersebut.

Rilis

digitalKemenkominfoliterasiwebinar