Webinar Literasi Digital,Ubah Perilaku Konsumtif Menjadi Produktif

MARTAPURA,- Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) meluncurkan program Literasi Digital Nasional dengan tema “Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 kali ini menyasar ke daerah Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan dengan topik pembahasannya: Mengenal Aturan Main di Era Digital Keynote Speech kali ini adalah Dirjen Aplikasi Informatika Samuel Abrijani Pangerapan, B.Sc. Kamis (11/11/2021) pagi.

Rio Brama yang memandu webinar literasi digital ini dengan para narasumber,  Grandika Primadani Oil & Gas Professionap, M. Syaqif Co Founder Pemikirancu, Shelly Noor Azzahra, Co Founder Moom River Jewelry dan Key Opinion Leader Jihan Novitasari – News Presenter & Producer TV.

Melalui literasi digital nasional diharapkan bisa mengembangkan literasi dan kecakapan digital seperti copywriting, public speaking, dan berbagai bidang kreatif lainnya yang bersifat produktif (menghasilkan), maka hendaknya peran literasi digital ini bisa mengubah mindset konsumtif menjadi produktif ungkap Grandika Primadani.

Grandika menjelaskan, generasi milenial kerap dinilai sebagai generasi yang kreatif dan berani mengambil risiko, mereka banyak memiliki ide-ide menarik dan memiliki karakter yang produktif, namun disisi lain mereka juga konsumtif. Hal ini dipengaruhi oleh budaya digital dan intensitas pengguna internet.

Pengguna internet yang dikategorikan konsumtif adalah mereka yang biasanya berperilaku konsumtif seperti ketika seseorang membeli berdasarkan keinginan saja bukan kebutuhan. Sehingga hidup konsumtif pun sepertinya sudah menjadi budaya di Indonesia.

“ Mulailah mengatur mindset konsumtif menjadi lebih produktif, dengan cara lakukanlah dan belilah barang atau hal yang bermanfaat untuk jangka panjang dan jangka pendek, maka pikirkanlah terlebih dahulu.” ujarnya.

Cara berfikir produktif dalam literasi digital, yaitu personal branding, digital mastering, business networking dan product marketing.

Grandika juga membagikan lima pedoman berinternet yang mampu meningkatkan perilaku kreatif dan produktif di dunia digital, seperti content creator, copy writer, public speaker, pelajar dan mahasiswa yang bisa mencari informasi dan berpartisipasi dalam kegiatan yang bermanfaat, dan masyarakat yang bisa menciptakan ekosistem digital yang produktif.

Reporter : Melda
Editor : Ronny Lattar
digitalKemenkominfoliterasiwebinar