16 Pelajar SD Ikuti Lomba Bercerita Tingkat Kabupaten Banjar

 

 

MARTAPURA,- Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan (Dispersip) menyelenggarakan Lomba Bercerita/Bertutur Tingkat Kabupaten Banjar, di aula kantornya, Selasa (27/8/2024).

Lomba dibuka Kepala Dispersip Banjar Tofik Norman Hidayat diikuti 16 siswa siswi Sekolah Dasar (SD) yang telah diseleksi masing-masing koordinator wilayah kecamatan atau KKM MI di tingkat kecamatan.


Dikatakan Tofik, kegiatan bertujuan untuk meningkatkan kegemaran membaca anak-anak usia dini melalui berbagai bahan bacaan dan media untuk menanamkan cinta kebudayaan bangsa, persatuan dan kesatuan serta nasionalisme.

“Dengan banyak membaca nantinya anak akan lebih kreatif dan inovatif sehingga bisa mengembangkan potensi diri juga menjadi anak yang sukses kedepannya,” ujarnya.

Sementara Kabid Perpustakaan pada Dispersip Banjar Nurul Huda mengaku bangga atas partisipasi peserta dalam mengikuti lomba. Menurutnya ajang tersebut dapat meningkatkan kreasi diri bagi anak-anak penerus bangsa dimasa yang akan datang.

“Tampil di depan dengan rasa percaya diri dan penuh keberanian adalah suatu metode untuk melatih anak dalam berfikir dan menilai apa arti dari cerita yang dibawakan,” ujarnya.

Ia menambahkan, para peserta yang meraih juara nantinya akan mewakili daerah di tingkat provinsi.

“Kalau menang lagi di tingkat provinsi para juara nanti akan kami bawa ke Perpusnas sebagai daya dorong bagi anak untuk bercerita lebih baik,” harapnya.


Kegiatan yang digelar satu hari ini menghadirkan dewan juri Budayawan Abdurahman El Husaini dan Syamsudin, serta Dosen Universitas Swasta Dodiet Enggar Wibowo.

Berikut nama-nama pemenang :

Juara I, Dyanda Agni Addiffa dari SDN Jawa 5.

Terbaik II, Amelia Nur Rolida dari SDN Gambut 10.

Terbaik III, Mahdina Salsabilla dari SDN Pulau Nyiur 1.

Harapan I, Bintani Haiba Jaya dari SDN Jawa 2.

Harapan II, Ahmad Wafiq Yusuf dari MIS Hidayatullah Martapura.

Harapan III, Aqila Amelia Putri dari SDN Menarap Tengah 2.

Reporter : Rifky Zidane
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra

Pos terkait

Bupati Saidi Mansyur Resmikan Gedung Baru TK/TPA Tilawati Raudhatul Anwar

Pemkab Banjar Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

Wabup Habib Idrus Al Habsyi Hadir Bersama Zuriat Kesultanan Banjar di Haul Sultan Adam