Bupati Banjar Ikuti Audiensi kepala Daerah se Kalsel di Kantor KemenParekraf

JAKARTA, – Bupati Banjar H Saidi Mansyur didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kepala Bappedalitbang, Sekretaris Dinas Pariwisata Banjar serta Kepala Bidang Destinasi Wisata Banjar hadiri Audiensi Bupati/Wali Kota se-Kalimantan Selatan, di Kantor Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) RI, Rabu (18/05/2022).

Kegiatan yang diinisiasi oleh Pemprov Kalsel tersebut juga turut membawa aspirasi dari berbagai daerah terkait pengembangan pariwisata di banua.

Dalam sambutannya Gubernur Kalsel H Syahbirin Noor menyampaikan, bahwa Kalsel saat ini telah mengembangkan berbagai sarana pariwisata. Diantaranya kategori wisata religi, tradisional, geo park, hingga wisata yang berbasis petualangan ekstrim atau adventure.

“ Kalsel bahkan telah menorehkan wisata religi berskala internasional pada kegiatan haul Abah Guru Sekumpul H Zaini bin Abdul Ghoni,” ujar sosok yang akrab disapa Paman Birin tersebut.

Bupati Banjar H Saidi Mansyur pun turut mengamini pernyataan Gubernur Kalsel tersebut.

“Seperti kita ketahui bersama, bahwa diantara berbagai kegiatan religi, yang terbesar dan terbanyak antusiasnya ialah haul Abah Guru Sekumpul. Jumlah jemaah yang hadir bahkan diperkirakan mencapai sebanyak 5 juta yang memadati Martapura Kota,” ucapnya.

Saidi Mansyur berharap, adanya silaturahmi ini menjadi perhatian Kementrian Parekraf untuk sama-sama mengembangkan potensi berbagai wisata di Kalsel, khususnya di Kabupaten Banjar.

Hal-hal yang unik dari pariwisata Kalsel menurut Mentri Parekraf Sandiaga Salahuddin Uno. “Ulun melihat event seperti Haul Guru Sekumpul, jutaan orang datang. Semua berlomba untuk berbagi seperti festival bersedekah terbesar, tidak ada kekurangan makanan, semua berbagi,” ucapnya.

Di penghujung kegiatan, Bupati Banjar secara khusus menyerahkan cinderamata kepada Mentri Parekraf Sandiaga Salahudin Uno.

Reporter : Dhani
Editor : Ronny Lattar
audiensibupatibanjarparekrafsandiagauno