Bupati dan Wabup Banjar Hadiri Haul ke-14 Guru Supian Noor  

 

MARTAPURA,- Suasana penuh takzim begitu terasa pada pelaksanaan peringatan haul ke -14 almarhum Guru H Supian Noor bin Ahmad Sya’rani, yang berlangsung di kediaman keluarga almarhum, Jalan Sasaran, Kelurahan Keraton Martapura, Selasa (2/7/2024) malam.

Bupati Banjar H Saidi Mansyur dan wakilnya Habib Idrus Al Habsyi bersama para ulama, habaib, guru- guru Pondok Pesantren Darussalam serta ribuan jemaah hadiri haul salah satu sepupu kesayangan Abah Guru Sekumpul tersebut.

Kegiatan haul dimulai setelah salat fardhu isya, diawali dengan pembacaan surat Yasin, dilanjutkan Maulid Habsyi oleh rombongan Ar Raudhah Sekumpul. Kemudian syair Syekh Samman dan ditutup dengan tahlil dan doa oleh Guru Syamsuri Arsyad atau yang akrab disapa Guru Suri Kurnia.

Sekilas manakib Guru H Supian Noor bin H Ahmad Sya’rani. Almarhum adalah salah satu ulama panutan di Kota Martapura. Semasa hidupnya yang penuh berkah pernah mengajar di Pondok Pesantren Darussalam dan mengisi pengajian rutin di Langgar Darul Aman Keraton serta rutin hadir di pengajian Abah Guru Sekumpul.

Abah Guru Sekumpul dalam salah satu pengajiannya pernah berwasiat sepeninggal beliau nanti yang akan menggantikannya adalah almarhum Guru Supian.

“Insya allah kalau aku habis umur nanti, Maulud, Burdah, Dalail tetap lanjutkan. Yang membaca kitab nanti sepupuku H Supian Noor keponakan Guru Seman Mulia, sepertinya di Keraton sana juga terdapat Sirrullah (rahasia Allah),” ucapnya dikutip dari video youtube.

Guru Supian Noor wafat pada hari Jumat dini hari (malam Jumat) 26 November 2010, dimakamkan bersebelahan dengan H Abdul Ghani ayah dari Guru Sekumpul di komplek pemakaman Patih Mangun Jaya Kelurahan Keraton Martapura.

 

Reporter : Fuad Rivan
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra

bupatibanjardarussalamguruagamagurusupianhabaibhaulhaul14keratonmartapuraPengajianperingatanponpessupiannoorulamawabupbanjar