Dari Siang Sampai Malam, Karhutla Dekat Makam Datu Bagul Masih Menyala

 

MARTAPURA TIMUR,- Tim gabungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar beserta sejumlah relawan lainnya harus berjibaku memadamkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Desa Keramat Baru (dekat makam Datu Bagul) Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar, Jumat (20/9/2024) siang.

Kobaran api yang membakar semak belukar, pepohonan dan kebun karet tersebut terjadi sejak pukul 14.00 Wita. Kobaran api yang besar melumat habis semak belukar dan dedaun kering hingga menyeberang jalan dan nyaris membakar beberapa saung milik petani.

Akses yang sulit dan tiupan angin yang berubah arah menjadi kesulitan tersendiri bagi tim gabungan yang berupaya memadamkan api hingga 3 jam penanganan.


“Dari jam 2 sekarang sudah jam 5 belum padam juga. Apinya tersebar beberapa titik pak,” ucap Hendra personel BPBD Banjar.

Untungnya sumber air tidak terlalu sulit. Air diambil petugas dari sebuah danau yang jaraknya sekitar 500 meter dari lokasi karhutla.

Penanganan karhutla di Desa Keramat Baru tersebut menjadi salah satu lokasi prioritas lantaran masuk dalam ring 1 bandara. Bukan hanya tim gabungan BPBD Banjar yang melakukan penanganan akan tetapi BPBD Provinsi Kalimantan Selatan serta sejumlah BPK dan pemilik lahan juga ikut melakukan pemadaman.


Hingga malam hari, api dilaporkan masih menyala. Informasi terkini dari Pusdalops BPBD Banjar menyebut, jika sampai pagi api belum padam, penanganan akan dilakukan melalui udara oleh BPBD Provinsi Kalsel menggunakan Helly Water Bombing.

 

Reporter : Bagus F
Editor : RonnybLattar
Uploader : Suhendra

Pos terkait

Tim Gabungan BPBD Banjar Sudah Tangani Karhutla di Tujuh Kecamatan Terdampak  

Resmikan SPBU-N Koperasi Mina Membangun Mandiri, Bupati Saidi Mansyur Apresiasi Kemandirian Warga Aluh-Aluh

Bupati Saidi Mansyur Buka Banjar Expo 2024