Karhutla di Tatah Jaruju 1,5 Hektare Lahan Terbakar

 

TATAH MAKMUR,- Setelah terbakar hebat kemarin dengan luasan lahan sekitar 10 hektare, kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Desa Tatah Jaruju Kecamatan Tatah Makmur kembali terjadi, Rabu (18/9/2024) malam.

Api berkobar hebat pada lahan persawahan membakar jerami dan sisa batang padi usai panen. Warga setempat juga sedikit panik meminta pertolongan melalui video amatirnya lantaran titik api tersebar cukup besar dan mendekati permukiman.

Relawan BPK setempat juga terlihat melakukan penanganan termasuk tim gabungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar yang dipimpin langsung oleh Kepala Seksi Kedaruratan Muhammad Arifin.

Kasi Kedaruratan Muhammad Arifin dalam laporannya menyebut api yang mendekati permukiman tersebut berkobar sekitar pukul 19.40, dan sudah bisa dipadamkan pada pukul 21.50 Wita.

“Titik api tersebar, tapi penanganan yang kita lakukan prioritas yang mendekati permukiman, alhamdulillah dibantu banyak relawan di sini, api bisa dipadamkan,” ujarnya.

Lahan persawahan yang terbakar sekitar 1,5 hektare dan luasan lahan yang tertangani oleh tim gabungan sekitar setengah hektare.

Reporter : Bagus F
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra

Pos terkait

Bupati Saidi Mansyur Buka Banjar Expo 2024

Resmikan Kantor Desa Pingaran Ulu, Bupati Saidi Mansyur Ajak Warga Berpartisipasi Dalam Proses Pembangunan

Hampir Dua Bulan Krisis Air Bersih, Ponpes Takhashush Diniah Pastikan Aman Disuplai BPBD Banjar