Peran Bank Sampah di Revitalisasi Kawasan Sekumpul

MARTAPURA,- Bank Sampah Sekumpul punya peran aktif dalam Penataan Kawasan Religi Sekumpul di tahap satu dan selanjutnya,  terutama terkait tentang kebersihan lingkungan kawasan yang direvitalisasi tersebut.

Demikian dikatakan Direktur Bank Sampah Sekumpul Dewi Heldayati, di sesi acara Bakisah (Bijak Kelola Sampah) di radio Suara Banjar, Kamis (15/12/2022 ) pagi.

Mengangkat tema “Persiapan Bank Sampah Sekumpul Demi Suksesnya Kawasan Religi Sekumpul Bersih” Dewi mengatakan, sejak awal pengerjaan penataan kawasan Sekumpul, pihaknya sudah berperan melalui Bank Sampah dalam hal menjaga kebersihan lingkungan yang ditata.

Saat awal demi lancarnya proyek penataan kawasan tersebut, terkait kebersihannya Bank Sampah Sekumpul tiap hari baik siang maupun malam langsung turun ke jalan untuk memantau dan memberikan edukasi kepada masyatakat bahkan membersihkan sampah yang ada ditemukan di kawasan tersebut.

“Alhamdulillah dengan adanya pengerjaan penataan kawasan Sekumpul kami bisa mengajak masyarakat untuk berperan menjaga kebersihan dan tidak menumpuk sampah sembarangan, tentunya ini juga akan memudahkan pekerja dan orang yang lalu lalang di kawasan tersebut,” ungkap Dewi.

Menurut Dewi pengerjaan penataan kawasan Sekumpul sendiri sudah sesuai dengan yang diharapkan kemudian terkait kebersihan kawasan ini sudah saatnya kita semua menjadi pengawas kepada siapa saja yang kedapatan membuang sampah sembarangan, kita sama-sama menjaga dan saling mengingatkan agar kawasan tersebut selalu terjaga kebersihannya karena lingkungan yang bersih juga akan menciptakan lingkungan yang sehat.

Dewi juga mengimbau kepada jemaah serta yang mengunjungi Sekumpul bisa membawa sendiri kembali sampahnya dan tidak membuang sampahnya secara sembarangan. Ke depan Bank Sampah Sekumpul juga akan mensubsidi tempat sampah karet dari hasil daur ulang, sehingga kawasan yang telah ditata, tempat sampahnya pun terlihat cantik, rapi dan tamu yang datangpun enak memandangnya.

“Bank Sampah Sekumpul akan terus berupaya membantu masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan yang kita cintai, dan mari dari sekarang tinggalkan kebiasaan membuang sampah sembarangan meski itu sampah terkecil sekalipun” pungkasnya.

Reporter : Akhmad Effendy
Editor : Ronny Lattar

Related posts

Dukung Dunia Pendidikan, “Desa Pintar” di Karang Intan Serahkan Sejumlah Bantuan

Martapura Nihil Korban, Aparat Desa Diminta Lapor Jika Menemukan Tanaman Kecubung  

Aplikasi Si Kembar dan SIMPUL Disosialisasikan