Upaya Pelestarian Transportasi Sungai, Bupati Banjar Buka Lomba Perahu Ketinting

 

ARANIO,- Disaksikan ratusan penonton, Bupati Banjar H Saidi Mansyur didampingi Ketua TP PKK Hj Nurgita Tiyas kibarkan bendera start tanda dimulainya Lomba Perahu Ketinting, di Desa Tiwingan Lama Kecamatan Aranio, Senin (8/7/2024) pagi.

Bupati Banjar H Saidi Mansyur mengatakan, perahu ketinting merupakan salah satu alat transportasi air yang hari ini dilombakan. Kegiatan tidak hanya sebagai ajang kompetisi, akan tetapi juga membawa manfaat bagi masyarakat setempat yaitu berdampak pada perekonomian dan pariwisata.

Saidi Mansyur mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang berpartisipasi atas terselenggaranya kegiatan, seperti pihak sponsorship, Pemerintah Desa Tiwingan Lama dan para pembalap.

Ia berharap event ini bisa dikelola dengan baik, untuk diselenggarakan setiap tahun dan didukung oleh masyarakat. Sehingga dapat
terjalin tali persaudaraan diantara sesama.


“Semoga kegiatan dapat berjalan dengan lancar sesuai harapan panitia dan pemerintah daerah. Mudah-mudahan dapat memberikan motivasi kepada kita semua, bisa semangat memajukan Kabupaten Banjar melalui wisata dan potensi-potensi alamnya serta para peserta lomba menjaga sportifitas,” harapnya.

Pambakal Desa Tiwingan Lama Julpani menjelaskan, event ini dalam rangka hari jadi ke-74 Kabupaten Banjar yang sudah ditunggu masyarakat khususnya kecamatan Aranio untuk melestarikan alat transportasi danau.


“Banyak potensi pariwisata di Kecamatan Aranio yang perlu dikembangkan termasuk di Desa Tiwingan Lama,” katanya.

Julpani menyebut jumlah peserta yang mengikuti lomba perahu ketinting sebanyak 32 orang dari 12 desa se Kecamatan Aranio. Masing-masing kelas bebas 20 orang, kelas 6 HP (Horse Power) 8 orang, dan Kelas 14 HP sebanyak 4 orang. Peserta akan berlomba selama dua hari hingga besok (9/7/2024).


Pemenang 1,2 dan 3 akan mendapatkan 1unit mesin kapal dengan ukuran mesin 20 HP hingga 6,5 HP dari sponsor serta piala dari Bupati Banjar, Disbudporapar dan Camat Aranio.

Turut hadir menyaksikan lomba tersebut Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ikhwansyah, para kepala SKPD, pimpinan perusda serta Forkopimcam.

 

Reporter : Faidillah Rajani
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra

Pos terkait

Pemkab Banjar Raih Penghargaan Wahana Tata Nugraha 2024 Dari Kemenhub RI

Kekeringan, Warga Desa Muara Halayung Antre Air Bersih BPBD Banjar

Peringati Haornas 2024, Bupati Banjar Tutup Turnament Sepakbola SPL Tamban Cup