Warga Binaan Lapas Narkotika Sukses Ternakkan Burung Murai

KARANG INTAN,- Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan berhasil ternakkan burung murai jenis batu medan, dalam program pembinaan kemandirian yang diselenggarakan Lapas setempat.

Pelaksana Subseksi Bimbingan Kerja dan Pengelolaan Hasil Kerja Muhammad Noor mengatakan, ada dua jenis murai yang diternakan di penangkaran, yakni jenis batu medan dan jenis riam.

” Jenis batu medan sudah menghasilkan empat anakan dari perkawinan yang kita kondisikan, sedang untuk murai riam masih proses,” ungkapnya.


Ia menjelaskan, anakan murai yang sudah menetas diambil untuk dilakukan pembesaran secara terpisah. Warga Binaan secara khusus memberikan perawatan dan makanan anakan murai, berupa jangkrik kroto magot maupun pur dengan waktu pemberian setiap satu jam.

Kepala Lapas Narkotika Karang Intan Wahyu Susetyo menuturkan, suksesnya peternakan burung pemakan serangga dengan nilai jual yang cukup tinggi tersebut tidak terlepas dari peran aktif petugas dan warga binaan bersama-sama mensukseskan program yang dicanangkan sebagai bekal keahlian sebelum mereka bebas.

“ Keberhasilan ternak murai ini berkat konsistensi dan keuletan warga binaan yang tergabung dalam program kemandirian peternakan binaan Seksi Kegiatan Kerja,” tuturnya.


Ditambahkan, Lapas Narkotika Karang Intan memiliki lokasi yang sangat strategis untuk kembang biak burung murai. Selain itu, sumber daya petugas yang trampil dan mengayomi semakin mendukung suksesnya pembinaan kemandirian yang diselenggarakan.

Rilis : arb/ysf
Editor : Ronny Lattar
Uploder : Suhendra

Related posts

Ribuan Peserta Meriahkan Pawai Tahun Baru Islam 1446 Hijriah

Lolos Seleksi GBN, Pelajar Kabupaten Banjar Bersuara Sopran Melenggang ke Istana Negara  

Saidi Mansyur Buka Turnamen Mataraman Cup 2024