Berita

Pemkab Banjar Gelar Bimtek Peningkatan Service Excellent Pelayanan Publik

 

KARANG INTAN,- Reformasi birokrasi bertujuan untuk menciptakan birokrasi pemerintah yang profesional dengan karakteristik, berintegrasi, kinerja tinggi, bebas dan bersih dari KKN, mampu melayani publik, netral, sejahtera, berdedikasi dan memegang teguh nilai-nilai dasar serta kode etik aparatur negara.

Hal tersebut disampaikan Sekda Banjar HM Hilman saat membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Service Excellent pada Pelayanan Publik untuk Mendukung Reformasi Birokrasi, di Bukit Bintang Park and Resort, Desa Padang Panjang, Kecamatan Karang Intan, Senin (16/12/2024) pagi.

Hilman mengatakan, reformasi birokrasi pada pelayanan publik merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui perubahan mendasar pada sistem penyelenggaraan pemerintahan. Reformasi birokrasi pada pelayanan publik dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat, seperti pelayanan lebih cepat dan sederhana, waktu tunggu berkurang, masyarakat lebih puas dengan layanan pemerintah serta kinerja pemerintah meningkat.

“Service excellent bukanlah pelayanan mewah, sebaliknya konsep ini justru sederhana yaitu secara konsisten memberikan pelayanan sesuai ekspektasi pengguna layanan bahkan bisa melebihinya,” katanya.

Hilman berharap peserta akan memperoleh penguatan mengenai konsep, prinsip, peran dan tanggung jawab ASN dalam memberikan service excellent dari perwakilan Ombudsman RI Provinsi Kalimantan Selatan.

“Ombudsman RI sebagai lembaga negara yang bertugas mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik di Indonesia bekerjasama dan membantu Kabupaten Banjar untuk meningkatkan kinerja pelayanan publik serta memberikan arahan guna perbaikan atau penyempurnaan pelayanan publik di Kabupaten Banjar,” harapnya.

Peran pelayanan pada front office lanjut Hilman sangat penting sebagai garda depan suatu unit pelayanan publik untuk memberikan tugas pelayanan kepada masyarakat.

“Unit pelayanan publik memiliki tugas mendasar memberikan pelayanan bagi masyarakat, service excellent menjadi representasi wajah pemerintah yang sepenuhnya peduli atas kebutuhan masyarakat,” pungkasnya.

 

 

Reporter : Faidillah Rajani

Editor : Ronny Lattar

Uploader : Suhendra

Terbaru

Rakoor Masterplan, Bupati Banjar Tegaskan Permasalahan Sampah Tanggung Jawab Bersama

Radio Suara Banjar

Ratusan Sopir Angkutan Umum di Banjar Dapatkan BLT

Radio Suara Banjar

Bupati Banjar Apresiasi Program Integrated Farming System

Radio Suara Banjar