Lembaga Penyiaran Publik Lokal Radio Publik Kabupaten Banjar

Kadis Kominfo HSS Pelajari Tanda Tangan Elektronik ke Kabupaten Banjar

49

MARTAPURA,- Kepala Dinas Komunikasi Dan Informatika Hulu Sungai Selatan ( HSS ) Rahmawaty lakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Banjar,  dan disambut Kepala Dinas Kominfo  Statistik dan Persandian ( DKISP ) Kabupaten Banjar H. M. Aidil Basith di Command Center Barokah, Rabu ( 27/01 ) pagi.

H. M. Aidil Basith sangat mengapresiasi atas kepercayaan Kominfo HSS menjadikan Kabupaten Banjar sebagai kunjungan kerjanya. Dikatakan, DKISP Banjar siap berbagi pengalaman juga informasi terkait fasilitas, program dan kegiatan lainnya, seraya menjelaskan secara umum di DKISP dengan tupoksi kerja masing-masing bidang.

“Dalam musibah banjir yang melanda Kabupaten Banjar, kami juga berkontribusi baik dalam pemberitaan terkini data banjir maupun klarifikasi infomasi Hoax yang beredar di masyarakat, kami juga turun langsung melalui ” Bakti Kominfo Peduli”turun langsung ke warga terdampak banjir, bahkan ke daerah yang paling sulit dijangkau sekalipun,”jelas Aidil Basith.

Kepala Bidang E Goverment DKISP Cornelius Kristianto menerangkan, kunker Diskominfo HSS juga dalam mempelajari tentang Tandatangan Elektronik, dan Sertifikat Elektronik, dimana disini berperan sinergi Bidang E Goverment dan Standi Banjar.

“E gov mempunyai peran dalam pembuatan email dinas untuk pemohon, selanjutnya setelah pemohon dibuatkan email dinas, maka proses permohonan sampai penerbitan ada di bidang Statistik Dan Persandian” jelas Kris  

Perihal layanan 112, Kris menerangkan jika layanan ini difasilitasi agar masyarakat mudah memberikan laporan dan aduan tentang banjir dan kemudian nantinya dari operator mengkoordinasikan ke pihak terkait, dimana layanan 112 ini menempatkan petugas operator selama 24 jam secara bergantian.

Hal senada diungkapkan Kepala Bidang Statistik Dan Persandian H. M. Syarwani menjelaskan, kunker Kadiskominfo HSS salah satunya juga mempelajari tentang Tandatangan Elektronik, dimana Kabupaten Banjar dalam hal ini DKISP telah mengaplikasinya untuk perihal tandatangan elektronik Kadis ke Pusat, dan ini menjadi pioner karena Kominfo memulainya lebih dulu dari yang lain.

“Kami siap berbagi informasi dalam hal ini, saling koordinasi dan  siap membantu dalam pengaplikasianya, intinya antara Diskominfo HSS dan Diskominfo Banjar saling mengisi satu sama lain, dari salah satu maksud kunker ini” dikatakan Syarwani.

Kemudian, Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik DKISP Eddy Elminsyah Jaya, menjelaskan keberadaan media yang dinaungi oleh Diskominfo Banjar, yakni, Radio Suara Banjar, Intan tv dan Media Center.

Sementara Kadiskominfo HSS Hj. Rahmawaty mengatakan maksud dan tujuan kunker adalah mempelajari secara khusus tentang Command Center, Call Center 112, Tandatangan Elelektronik dan lainnya, yang menurutnya banyak kemajuan yang didapat DKISP Banjar yang bisa diaplikasikan nantinya di HSS.

“Command Center Kabupaten Banjar juga sangat baik, dan pada musibah banjir bisa menjadi pusat informasi dan pemantauan juga menerima aduan masyarakat di 112, Intinya luar biasa sudah berfungsi dengan baik. Hal ini akan kami bawa ke banua, dengan harapan kami bisa menerapkan hal yang sama, dan DKISP dibeberapa programnya bahkan menjadi leader di Kalsel, ini sungguh menandakan DKISP layak menjadi yang terbaik” ujar Rahmawaty.

Reporter : Akhmad Effendy
Editor : Ronny Lattar