5 Desa di Kabupaten Banjar Akan Ekspose Adu Inovasi

508

MARTAPURA,- Rapat persiapan penilaian lomba desa tingkat Kabupaten Banjar, digelar di ruang kerja Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa ( PMD ) Kabupaten Banjar Senin ( 19/04 ) siang.

Rapat dipimpin oleh Kadis PMD Banjar H.Syahrialludin, dihadiri Ketua TP. PKK Kabupaten Banjar Hj. Nurgita Tiyas M Pd, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra H. Masruri, Kepala Pelaksana BPBD, H. Irwan Kumar, Kadinkes dr. Diauddin dan SKPD terkait.

Dalam paparannya H.Syahrialludin mengatakan, lomba desa ini sudah mendapatkan 5 desa peringkat teratas, yang sudah memenuhi indikator penilaian yaitu Desa Selat Makmur, Bincau Muara, Rantau Bakula, Mekar Raya dan Desa Cabi.

” Dari 5 Desa ini akan melakukan ekspose secara virtual di tempat masing-masing dan akan dinilai lagi untuk mendapatkan 3 besar nantinya,” ucapnya.

Dari 3 desa tersebut, akan dilakukan verifikasi lapangan, terkait inovasi apa saja yang sudah dilakukan, untuk mendapatkan peringkat 1, 2 dan 3. Sementara peringkat 1 akan diikutsertakan dalam lomba desa tingkat provinsi nantinya.

” Pelaksanaan lomba desa ini tetap menerapkan prokes karena masih dalam pandemi Covid-19, SKPD terkait diminta agar mengatur masyarakat disetiap kegiatan, supaya tetap menerapkan prokes,” jelasnya.

Sementara itu Ketua TP. PKK Kabupaten Banjar Hj. Nurgita Tiyas M Pd mengevaluasi dan memberikan motivasinya terkait lomba desa tersebut, seperti harus adanya inovasi dan komoditi yang di unggulkan.

“ Komoditi unggulan tersebut targetnya bukan hanya dipasarkan di Kabupaten Banjar, tapi juga bisa dipasarkan ditingkat nasional bahkan sampai ke luar negeri,”ujarnya.

Reporter : Faidillah
Editor : Ronny Lattar