Bunda PAUD Buka Kegiatan Parenting di TK Pembina

307

MARTAPURA,- Usai membuka kegiatan Parenting Kelas Orang Tua tentang UKS dan Percepatan Penurunan Stunting di TK Negeri Jawa Martapura, Bunda PAUD Kabupaten Banjar Hj Nurgita Tiyas juga melakukan pembukaan kegiatan serupa di aula TK Pembina Martapura, Kamis (22/9/22) pagi.

Kepada peserta dan sejumlah undangan Nurgita Tiyas juga menjelaskan tentang permasalahan stunting, dimana anak mengalami keterlambatan tumbuh kembangnya.

Nurgita Tiyas juga meminta pendataan atau analisa yang tepat mengenai angka stunting di Kabupaten Banjar melalui Tim Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Banjar.

Sementara itu Plt Kepala TK Negeri Pembina Martapura Piya Yulianti menjelaskan, pihaknya mewakili menerima bantuan UKS yang dipilih dari 10 TK yang ada di Kabupaten Banjar.

“Bantuan dari Pemerintah ini bisa lebih meningkatkan lagi pelayanan kepada anak terutama pemahaman kepada orang tua tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),” ujarnya.

Yulianti mengungkapkan bantuan UKS ini dilaksanakan dengan melakukan kegiatan parenting dan pemberian materi oleh narasumber.

“Apa yang diajarkan di sekolah dapat diterapkan di rumah dengan memberikan Standar Operasional Prosedur (SOP) di sekolah kepada orang tua dan pembelajaran tentang PHBS itu tidak hanya di sekolah saja tetapi berlanjut sampai ke rumah,” ujarnya.

Yulianti juga sampaikan apresiasinya kepada pemerintah daerah dan berharap agar lebih memperhatikan lagi TK-TK Negeri dan Swasta, agar juga bisa turut andil dalam upaya percepatan penurunan stunting yang menjadi permasalahan serius yang kini sedang dihadapi.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Bunda PAUD Kecamatan Martapura,Kabid Sarana Prasarana Disdik Banjar Liana Penny ,Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Merilu Ripner.

Selain itu Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Banjar Linda Yunianti dan para TK Pembina Martapura.

Reporter : Faidillah Razani
Editor : Ronny Lattar