Berita

Sambut HUT ke-79 RI, Pemkab Banjar Gelar Upacara Taptu dan Pawai Obor

MARTAPURA,- Dalam rangka menyambut HUT ke -79 RI Pemerintah Kabupaten Banjar menggelar Upacara Penetapan Waktu (Taptu) dan Pawai Obor, Jumat, (16/8/2024) malam.

Upacara Taptu dipusatkan di Jalan Ahmad Yani depan kantor Bupati Banjar. Bertindak sebagai inspektur upacara Komandan Kodim 1006 Banjar Letkol Kav Zulkifer Sembiring.

Upacara turut dihadiri Bupati Banjar H Saidi Mansyur dan wakilnya Habib Idrus Al Habsyi, unsur Forkopimda, sekda, para asisten, kepala SKPD dan anggota DPRD.


Dandim 1006 Banjar Zulkifer Sembiring secara langsung menyalakan obor Taptu kepada dua orang perwakilan peserta pawai. Selanjutnya obor dinyalakan secara massal oleh ratusan peserta yang terdiri dari TNI/Polri, Satpol PP, Damkar, PMI, KNPI, ormas, pramuka, mahasiswa dan para pelajar.

Peserta pawai obor kemudian dilepas dan mulai bergerak dari Jalan Ahmad Yani menuju Jalan Pangeran Hidayatullah, Jalan Pangeran Abdurrahman, Jalan Batuah dan kembali ke depan kantor Bupati Banjar sebagai titik kumpul akhir arak arakan obor.


Pawai obor tersebut menarik perhatian masyarakat yang berada di tepi jalan yang dilewati. Mereka menyaksikan pawai yang rutin diselenggarakan Pemkab Banjar setiap tahunnya tepat 16 Agustus malam menjelang HUT RI.

Digelarnya upacara Taptu dan pawai obor ini merupakan upaya mengingatkan kembali perjuangan para pahlawan nasional dalam merebut kemerdekaan, juga sebagai simbol semangat perjuangan guna menumbuhkan kembali nilai-nilai kepahlawanan kepada masyarakat.

Reporter : Fuad Rivan
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra

Terbaru

Kabupaten Banjar Siaga Bencana Karhutla

Radio Suara Banjar

Malam Istimewa di Martapura, Habib Syech Pimpin Shalawatan

Radio Suara Banjar

Yuri’s Foundation, Bagikan Hampir 2.000 Al Quran

Radio Suara Banjar