Berita

Aksi Bersama Cegah Stunting di Aluh Aluh

ALUH ALUH,- Sejumlah anak-anak berjanji kepada Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Hj Nurgita Tiyas, akan sering makan dengan memu empat sehat lima sempurna, terlebih dengan makan ikan segar setiap kali mereka makan. Tidak hanya anak-anak, sejumlah ibu rumah tangga juga berjanji akan lebih banyak memberikan menu ikan segar kepada anak mereka, agar tumbuh kembang anak lebih baik dan terhindar dari stunting.

Pemandangan menarik ini terjadi di saat kegiatan Kampanye Memasyarakan Gemar Makan Ikan (Gemarikan) yang digelar oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Selatan, di Desa Sungai Musang Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar, Sabtu (4/6/2022) pagi.

Dihadapan ratusan warga Nurgita Tiyas mengaku sedih karena di Kecamatan Aluh aluh ini, angka stunting lumayan tinggi, dan hal ini  sering ditanyakan PKK provinsi kepada pihaknya. Padahal menurutnya, wilayah Aluh aluh dekat dengan laut dan banyak ikannya.

” supan ulun (malu saya), saya mau semua warga sehat, tapi harus dimulai dari ibu-ibu,” ucapnya.

Ia juga berharap indikator yang dipakai oleh pemerintah tidak terus berganti, sehingga medapatkan data yang akurat, bahwa angka stunting Kabupaten Banjar sudah turun dari 20 menjadi 17 persen. Namun pada tahun 2022 ini tolak ukur kembali berganti dan menunjukan angka 40 persen.

” Sedih lagi saya bu,” ucapnya.

Ditambahkan, pihaknya tidak melarang jika warga makan dengan lauk lainnya seperti ikan kering. Namun alangkah baiknya itu bisa dilakukan sewaktu waktu saja dan mengimbau warga agar lebih sering makan dengan ikan segar karena bagus untuk pertumbuhan.

” Berikan nasehat kepada anak-anak ibu, bahwa makan ikan itu baik bagi pertumbuhannya, sesibuk apapun ibu harus hadir untuk anak-anak,” ajaknya.

Kepala Dinas Kelautan Perikanan Kalsel Rusdi Hartono mengatakan, pada aksi cegah stunting bersama ini juga diserahkan berbagai bantuan kepada warga dari berbagai pihak dan berharap bermanfaat bagi warga. Bantuan yang dibagikan  seperti bubur, ikan segar bumbu siap goreng 4 kg perorang. Berbagai macam bibit tanaman, vaksin polio serta paket susu dan telur.

Kegiatan juga dihadiri Perwakilan TP PKK Kalsel Pokja III Bidang Ketahanan Pengutan Keluarga Sukmawati. Kepala Dinkes Kalsel dr. Diaudin, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kalsel Faturrahman, Kepala Dinsos Ketapang Banjar Rahmadi, Camat dan Kapolsek Aluh aluh serta Kades Sungai Musang.

Reporter : Bagus/zidane
Editor : Ronny Lattar

Terbaru

Webinar Literasi Digital, Supaya Aman Bermedsos, Kenali Istilah-istilah Ini

Radio Suara Banjar

Visitasi Kepemimpinan Nasional Sasar Tiga SKPD

Ratusan Aparat Desa Dibekali Tata Kelola Dana Desa

Radio Suara Banjar