Kader Digital Desa Indrasari Jalankan Lima Program

 

MARTAPURA,- Guna mendukung 9 (sembilan) program-program dari Pemerintah Kabupaten Banjar dan pusat, ada 5 (lima) program yang saat ini dijalankan oleh Kader Digital Desa Indrasari Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar. Antara lain sosialisasi administrasi online, pelatihan videografi dan fotografi, pelatihan digital marketing, pelatihan konten atau branding produk serta orientasi pengenalan Ruang Komunikasi Digital Desa (RKDD).

Hal tersebut dikatakan kader digital Desa Indrasari Fahrizal saat gelaran talkshow Chating Manis, di Radio Suara Banjar, Kamis (24/7/2024) pagi.

Dari lima program yang dijalankan tersebut, program sosialisasi administrasi online guna mendukung program Kabupaten Banjar yakni Smart Kampung Manis dikatakan Fahrizal masih terkendala. Kendala yang dimaksud masih banyaknya warga yang belum mengetahui dan belum tahu cara menggunakan aplikasi, warga banyak yang datang langsung ke kantor desa untuk membuat administrasinya. Padahal dengan cara online akan terasa lebih mudah.

“Kebanyakan warga bikin surat menyurat datang ke kantor, karena belum mengetahui aplikasi ini, makanya sosialisasi harus dilakukan agar masyarakat tahu, dan mereka bisa menggunakan aplikasi tersebut dengan cara di rumah saja,” ujarnya.

Kaur Umum Desa Indrasari yang mendampingi kader digital, Dina menambahkan pemikiran masyarakat masih lebih enak datang langsung ke kantor dari pada dengan cara online, padahal dengan cara online dimaksudkan akan mempermudah segala urusannya.

“Mereka lebih sukanya datang, tanda tangan, selesai langsung pulang,” ujar Dina.

Dina menambahkan sosialisasi untuk menggunakan aplikasi dimaksud harus lebih gencar dilakukan kepada masyarakat. Memberikan pelatihan kepada masyarakat cara menggunakan aplikasi tersebut terutama pada orang tua, oleh para kader digital dibantu karang taruna yang ada di desa.

Lima program yang dijalankan tahun ini dikatakan menggunakan dana pusat dari Kementerian Desa sebanyak Rp 22 juta. Dina dan Fahrizal berharap program yang saat ini dijalankan oleh pihaknya mendapat dukungan dari masyarakat di 12 Rukun Tetangga Desa Indrasari, agar semuanya lebih mudah.

Sembilan program kabupaten dan pusat yang dijalankan oleh Desa Indrasari saat ini masing-masing, Proklim, Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, Desa cinta Statistik, Desa Cerdas, Desa Anti Maladministrasi, Smart Kampung Manis, Star Banjar, Kampung Peduli KB, serta Desa Aman Pangan.

Reporter : Bagus F
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra

Pos terkait

Pemkab Banjar Raih Penghargaan Wahana Tata Nugraha 2024 Dari Kemenhub RI

Kekeringan, Warga Desa Muara Halayung Antre Air Bersih BPBD Banjar

Peringati Haornas 2024, Bupati Banjar Tutup Turnament Sepakbola SPL Tamban Cup