Banua Sedang Diuji, Salat Istisqa Digelar

105

MARTAPURA,- Bupati Banjar H Saidi Mansyur dan wakilnya Habib Idrus Al Habsyie bersama ribuan jemaah lainnya ikuti salat Istisqa yang diimami oleh Pimpinan Pondok Pesantren Tahfizul Quran Martapura KH Muhammad Wildan Salman, di Masjid Agung Al-Karomah, Martapura, Kamis (7/9/2023) pagi.

Salat Istiqha digelar dengan tujuan meminta kepada Allah SWT untuk keselamatan banua dari kemarau, kebakaran hutan dan lahan serta kekeringan yang terjadi di Provinsi Kalimantan Selatan saat ini.


Gubernur Kalimantan Selatan yang diwakili Sekretaris Provinsi Kalimantan Selatan Roy Rizali Anwar sampaikan terima kasihnya kepada para alim ulama, tokoh masyarakat serta jemaah yang ikut serta dalam pelaksanaan salat istisqa, dengan harapan mendapatkan pertolongan dari Allah SWT.

” Semoga yang kita hajatkan dikabulkan dan mendapat pertolongan dari Allah SWT,” harapnya.


Pada pelaksanaan salat istisqa ini selaku khatib KH Hasanuddin Badruddin dalam khutbahnya mengatakan, saat ini banua diuji dengan tidak turunnya hujan hingga mengakibatkan kekeringan serta bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Untuk itu ia mengajak Jemaah untuk bertobat dari perilaku yang bertentangan dengan syariat dari Nabi Muhammad SAW.

” Kita harus kembali kepada Allah SWT terhadap perilaku yang menyimpang dari perbuatan dosa untuk meminta ampunan kepada Allah SWT,” ajaknya.


Pelaksanaan salat istisqa tersebut juga diikuti sejumlah pejabat unsur Forkopimda Provinsi Kalimantan Selatan dan Kabupaten Banjar.

Reporter : Faidillah Rajani
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra