Banyak Usia Produktif Konsultasi Kejiwaan Dimasa Pandemi Covid-19

400

Martapura,- Pandemi Covid -19 yang melanda saat ini tidak hanya berimbas pada sektor ekonomi saja, tetapi juga pada kesehatan mental maayarakat.

Menyikapi hal tersebut, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratu Zalecha Martapura bekerjasama dengan LPPL Radio Suara Banjar, memberikan sosialisasi pemahaman melalui talkshow dengan tema ” Mempersiapkan Kesehatan Mental Menghadapi Era New Normal”,  dengan menghadirkan narasumber dr Winda Oktari Anriyani Sp Kj pada Rabu (24/6) siang.

Radio talk show di 100,4 Fm yang dipandu host Pepen dan Ronny tersebut membahas tentang bagaimana kita bersikap dan mempersiapkan mental dalan era New Normal.

Menurut dr Winda, point penting adalah menumbuhkan rasa positif dalam diri kita agar terhindar dari kecemasan yang berlebihan.

“Saat ini tak dipungkiri banyak masyarakat yang mengalami kecemasan berlebihan akibat Pandemi Covid -19,bahkan jumlah kunjungan konsultasi terkait hal ini meningkat saat pandemi dari sebelumnya, mereka rata-rata berusia produktif” Jelas dr Winda.

“Bagaimana kita juga harus bisa mengontrol emosi menjadi sangat penting agar membuat otak kita karena otak kitalah yang memerintahkan apa yang kita kerjakan, bila otak hanya merespon hal yang positif maka  akan membuat mental kita lebih baik” tambah dokter cantik ini.

Menurut psikiater ini, saat ini kita juga bisa memilah informasi terkait Covid agar kita bisa membuat mental kita lebih kuat dan terhindar dari kecemasan berlebihan. Misalnya lebih banyak mencari informasi positif saja terkait perkambangan Covid, yakni berapa jumlah pasien sembuh, dan informasi baik lainnya.

dr. Winda juga berpesan agar kita lebih bijak dalam menyikapi berbagai informasi yang beredar, dan tetap menerapkan standar protokol kesehatan Covid -19 dan menjaga kebersihan agar terhindar dari Covid- 19.

Reporter : Pepen Effendy
Editor : Ronny Lattar