Bupati Banjar Bacakan Ikrar Deklarasi Pemilu Damai 2024

73

MARTAPURA,- Guna menjaga stabilitas keamanan menjelang, saat dan sesudah Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, Kepolisian Resort (Polres) Banjar menggelar Deklarasi Pemilu Damai, di Guest House Sultan Sulaiman, Senin (11/09/2023) siang.

Deklarasi dihadiri Bupati Banjar H Saidi Mansyur, unsur Forkopimda, Ketua KPU dan Bawaslu beserta komisioner dan ketua parpol peserta Pemilu.

Ketua KPU Kabupaten Banjar Muhammad Noor Aripin menyampaikan terima kasih kepada Kapolres Banjar atas dilaksanakannya kegiatan deklarasi pemilu damai dengan tema “Mengabdi Dengan Integrasi, Melayani Dengan Teknologi”. Menurutnya, KPU sebagai penyelenggara tidak bisa sendirian menyukseskan pemilu tanpa dukungan semua pihak.

” Diharapkan pemilu 2024 bisa menjadi momentum untuk kita sama-sama satu padu melahirkan pemimpin yang amanah, bermartabat bagi Kabupaten Banjar,” ujarnya.


Kapolres Banjar AKBP M Ifan Hariyat menyampaikan, pelaksanaan kegiatan bertujuan menciptakan Pemilu yang jujur, adil, tertib dan damai sesuai perundangan yang berlaku serta mewujudkan situasi kamtibmas aman dan kondusif di Kabupaten Banjar.

Menurutnya, Pemilu merupakan pilar utama dalam demokrasi dan  menjadi tantangan berat kedepannya. Karena Indonesia mempunyai instensitas yang kompleks dan tinggi, namun patut disyukuri situasi kamtibmas di Kabupaten Banjar masih kondusif berkat peran semua pihak.

” Maka dengan momentum deklarasi ini mari semua pihak untuk membulatkan tekad dan niat yang sama menjaga kedamaian dan meminimalisir pelanggaran dalam Pemilu,” ajaknya.

 

Bupati Banjar H Saidi Mansyur menuturkan kegiatan deklarasi Pemilu damai merupakan langkah awal yang baik untuk bersama-sama mengawal pesta demokrasi tahun 2024 dan mengajak semua pihak menjaganya agar berjalan aman.

” Pemkab Banjar juga akan segera menerbitkan Perbub yang mengatur prinsip keadilan dalam Pemilu, kemudian deklarasi juga akan ditindak lanjuti oleh Forkopimcam di 20 kecamatan di Kabupaten Banjar,” ungkap Saidi.


Dirinya menekankan, deklarasi ini harus dilakukan mengingat wilayah Kabupaten Banjar yang sangat luas. Ia berharap masyarakat berperan aktif dalam Pemilu nanti, dan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menjunjung nilai demokrasi, semangat dan persatuan serta keharmonisan di masyarakat.

Pada kegiatan ini dibacakan Ikrar Pemilu Damai 2024 oleh Bupati Banjar serta penandatanganan Ikrar yang diawali oleh Bupati kemudian unsur Forkopimda, para ketua parpol dan dinas terkait.

 

Reporter : Akhmad Effendy
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra