Bupati Banjar dan Wakil Hadiri Peringatan Haul Wali Lima

82

MARTAPURA,- Ribuan jemaah hadiri peringatan haul Wali Lima, di Kubah Keramat Jalan Murung Kenanga Desa Tunggul Irang Seberang Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar Kamis (21/9/2023) pagi.

Peringatan haul turut dihadiri Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor, Bupati Banjar H Saidi Mansyur dan wakilnya Habib Idrus Al-Habsyie, para alim ulama, tuan guru, tokoh masyarakat dan para habaib.


Kegiatan haul diisi dengan membaca surah yasin dan pembacaan syair maulid habsyi. Mewakili Keluarga Besar Wali Lima, KH Hasanuddin Badruddin membacakan Manakib Wali Lima yang disimak khusyu jemaah haul.

Adapun Wali Lima yang dihauli yaitu KH Abdurrahman ke 81, KH Ahmad Zaini ke 60, KH Husein Qodri ke 58, KH Badruddin ke 32 dan KH Muhammad Rosyad ke 24.

Dalam tausiahnya Al-Habib Hanif Bin Abdurahman Al Atthos menjelaskan, ada 4 cara untuk menjadi hamba yang diridhoi Allah SWT.  Pertama menuntut ilmu agama karena dengan ilmu dapat mengetahui yang benar dan yang salah. Kedua mengerjakan amal dari ilmu yang didapatkan. Ketiga mengerjakan amalan dengan hati yang tulus dan ikhlas karena Allah SWT. Keempat sepenuhnya bersandar kepada Allah SWT.


Selain itu Al-Habib Hanif mengingatkan sebagai umat untuk menuju pintu Rasullullah yaitu melalui para ulama sebagai pewaris nabi dan berpegang kepada Al quran serta para habaib atau keluarga Nabi Besar Muhammad SAW.

Kegiatan haul diakhiri dengan pembacaan tahlil, ziikir dan doa oleh Habib Idrus bin Abdullah Al Idrus.

Reporter : Faidillah Rajani
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra