Bupati dan Wabup Hadiri Peringatan Haul 30 KH Badrudin

236

MARTAPURA,- Peringatan Haul Ke-30 KH. Badrudin digelar di kediaman salah satu putra beliau KH. Hasanudin Badrudin, Jl Pintu Air Kecamatan Martapura, Senin (31/01/2022) pagi.

Turut hadir Bupati Banjar H.Saidi Mansyur didampingi Wakilnya Habib Indrus Al-Habsyie, para pejabat Pemkab Banjar, para habaib dan alim ulama serta ratusan jemaah. Kegiatan haul ini diisi dengan pembacaan sholawat nabi, tahlil dan doa.

KH Badrudin atau yang lebih dikenal dengan sebutan Guru Ibad dilahirkan tanggal 29 Dzulkaidah 1355 .H atau 11 Februari 1937 M di Martapura. Beliau terlahir dari keluarga besar yang menjadi panutan karena banyak yang menjadi ulama.

Tokoh ini mempunyai kharisma besar di masyarakat. Selain sebagai ulama beliau juga bagian dari elemen pemerintahan baik di lokal maupun pusat.  Beliau juga orang yang pertama membawa dan mengembangkan pembacaan Maulid Habsyi di Kalimantan Selatan dan sekitarnya sehingga sampai sekarang terus diamalkan oleh masyarakat.

Sosok KH Badrudin sebagai negarawan yang mempunyai dedikasi menyebarkan dakwah Islam dengan penuh keikhlasan dan keyakinan hanya menuntut ridho-Nya. Semasa hidup, beliau yang bersahaja pernah menjabat antara lain sebagai Penghulu Kampung Jawa dan Sungai Paring Martapura (tahun 1955), karyawan di Departemen Agama Kabupaten Banjar (tahun 1960) dan diangkat menjadi anggota DPRD tingkat II sejak tahun 1961.

Di bidang keagamaan, disamping sebagai guru dan pimpinan Pondok Pesantren Darussalam, beliau aktif memberikan khutbah Jum’at di Masjid Agung Al Karomah dan dakwah di kantor-kantor instansi pemerintah. Kemanfaatan ilmu dan akhlak beliau dirasakan orang banyak.

KH Badrudin bin KH Ahmad Zaini telah berpulang ke Rahmatullah malam Rabu tanggal 28 Jumadil Akhir 1413 H/23 Desember 1992 M dimakamkan di kubah Tunggul Irang Martapura.

Reporter : Faidillah
Editor : Ronny Lattar