Dibuka, Seleksi Paskibraka Tahun 2022, Ini Syaratnya

8,325

MARTAPURA,- Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Banjar Haris Rifani, melalui Kabid Kepemudaan Noor Syawli Syahri mengatakan, pihaknya membuka seleksi pasukan pengibar bendera pusaka Tahun 2022 dengan tahapan seleksi 8-10 Maret 2022.

Tahapan seleksi dimulai dengan seleksi anggota Paskibraka Provinsi Kalimantan Selatan,menyusul kemudian seleksi untuk tingkat Kabupaten Banjar.

“Kita sudah menerima surat edaran seleksi dari provinsi berikut juknisnya, jadi untuk seleksi di Kabupaten akan segera dimulai,” katanya.

Ada 6 orang terdiri 3 putra dan 3 putri berdasarkan peringkat tertinggi yang akan dikirim untuk mengikuti Seleksi Paskibraka Provinsi Kalimantan Selatan sebagai utusan Kabupaten Banjar

Di provinsi, mereka akan diseleksi kembali. Selain mengikuti seleksi tingkat provinsi, utusan ini juga mengikuti seleksi untuk tingkat nasional. Bagi yang tidak lolos ke tingkat nasional atau provinsi akan dikembalikan ke kabupaten/kota.

” Mereka yang tidak lolos di tingkat nasional bahkan provinsi akan menjadi prioritas untuk tingkat Kabupaten Banjar, kata dia.

Syawli menambahkan pihaknya sudah mengirim surat edaran ke semua SMA/SMK/MA seluruh Kabupaten Banjar dan minta agar sekolah menyiapkan kandidat calon anggota Paskibraka. Setiap sekolah diminta menyediakan 5 pasang kandidat.

“Yang perlu diperhatikan adalah tinggi badan, syarat bagi calon Paskibraka yaitu tinggi badan pria 170-180 cm, sedangkan putri 165-175 cm. Selain itu, memiliki postur tubuh yang tidak gemuk dan tidak kurus,” katanya.

Dalam pelaksanaan seleksi, dia minta agar siswa benar-benar menyiapkan diri baik fisik, mental dan pengetahuan terutama wawasan kebangsaan. Ada 8 materi tes yang akan diikuti, yakni : Parade, Samapta/Jasmani, Peraturan Baris-Berbaris (PBB), Psikotes, Kesehatan/Kebugaran, Wawancara, Kesenian Daerah, dan Pengetahuan Umum dengan bobot penilaian secara kualitatif dan kuantitatif.

Rilis
Editor : Ronny Lattar