Ganjar Pranowo Siap Pimpin Persada.ID Lebih Baik Lagi

634

MARTAPURA,- Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengajak seluruh pengelola Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) di Indonesia untuk terus meningkatkan inovasi dan kreativitas. Apapun kondisinya, radio daerah harus tetap bertahan dan berkembang. Hal ini diungkapkannya saat memberikan pengarahan pada webinar Persada.ID Menjadi Orang Radio Milenial, Pembekalan Anggota dan Launching Road to Indonesia Persada.ID Award ke II Tahun 2021, Sabtu (28/08) siang.

Didapuk menjadi Ketua Umum Persatuan Radio TV Publik Daerah Seluruh Indonesia (Persada.ID) Ganjar mengatakan, LPPL memiliki potensi yang sangat besar dan bisa dikembangkan.

“ Bertemu Gus Ipul (Saifullah Yusuf, Wali Kota Pasuruan) dan membicarakan Persada.ID, saya melihat ada potensi yang sangat besar. Ini dahsyat, dan tinggal dipoles sedikit saja bisa luar biasa,” ujarnya.

Dikatakan, banyak cara yang bisa dilakukan oleh pengelola LPPL, selain pembenahan peralatan dan SDM, kreativitas dan inovasi juga harus ditonjolkan.

“Kemasan konten yang menarik ini yang mesti kita tampilkan. Kalau tidak menarik, pasti tidak didengarkan. Sekarang ini, radio itu tidak hanya didengarkan, tapi juga harus bisa dilihat secara audio visual. Kemajuan teknologi ini yang harus dimanfaatkan,” ucapnya.

Konten yang menarik, pasti ada di setiap daerah di Indonesia. Seperti budaya, tradisi dan lainya. Dicontohkan seperti kisah inspiratif Covid Rangers di Rembang. Kisah anak-anak muda mantan penyintas Covid yang membuat gerakan untuk membantu meringankan pasien Covid-19.

” Persada.ID juga memiliki potensi yang luar biasa yang tidak dimiliki radio dan televisi swasta, karena jejaring yang kuat dari Sabang sampai Merauke.
Konten-konten yang bagus bisa disiarkan serempak, dan bisa di share ke daerah lain untuk bisa disampaikan ke masyarakat,” ujarnya.

Dengan cara seperti itu, radio dan televisi daerah akan menjadi terkenal, tidak hanya memberi informasi, hiburan dan pendidikan, namun juga bisa digunakan untuk promosi yang mengangkat daerah masing-masing.

Disaksikan ratusan peserta webinar diseluruh nusantara, sebelum pamit, Ganjar menyatakan siap memimpin Persada.ID untuk menyiarkan baik, menjadi lebih baik lagi.

Webinar nasional ini juga menghadirkan narasumber yang luar biasa dan berkompeten dibidangnya. Seperti Rita Zoelkarnain yang menjabat sebagai Wakil Sekjen Persada ID, sekaligus Dirut LPPL Radio Mahardhika FM Kota Blitar Jawa Timur. Ervan Wahzudin senior news producer Kompas TV, serta Latief Siregar wakil pemimpin redaksi INews TV.

Kegiatan dipandu MC Zayn Arifah dari LPPL Radio  Gemilang FM Indragiri Hilir Riau, serta dua orang moderator yang LPPL nya merupakan anggota tetap Persada.ID, masing-masing Ronny Lattar dari LPPL Radio Suara Banjar, Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan dan Febie Alfina dari Radio Gemarandit Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.

Reporter : Akhmad Effendy