Kodim 1006 Martapura Terjunkan 150 Personil Amankan Pilkada Serentak

391

MARTAPURA,- Menjelang pelaksanaan pemilihan umum kepala daerah ( pilkada ) serentak tahun 2020, Dandim 1006 Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto memimpin langsung apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan Pilkada serentak, di halaman Makodim 1006 Martapura ,Kamis (03/12) pagi.

Turut hadir dalam apel tersebut Kapolres Banjar Andri Koko Prabowo, Kejari Banjar Hartadi Christianto, Ketua KPU Banjar Muhaimin, Ketua Bawaslu Fajeri Tamjidillah serta perwakilan masing-masing pasangan calon.

Dalam amanatnya Letkol Arm Siswo Budiarto menyampaikan pengamanan Pilkada serentak tahun 2020 memiliki beberapa tujuan, diantaranya untuk melihat kesiapan pasukan disamping itu juga untuk memberi  jaminan keamanan kepada masyarakat saat pelaksanaan pilkada berlangsung.

” Ini sebagai bentuk nyata kodim dalam hal  ikut berpartisipasi untuk pengamanan dan kelancaran saat pilkada berlangsung, pertanggung jawaban dan dukungan moril kepada KPU dan Bawaslu dalam kesuksesan pelaksanaannya ,” ucapnya.

Siswo Budiarto juga berpesan agar para personil pengamanan baik itu unsur TNI maupun kepolisian  harus tetap disiplin dalam menegakkan protokol kesehatan covid-19. Selain itu ia juga menghimbau TNI agar menjaga netralitas serta  melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab .

Dalam keterangannya ketua KPU Banjar Muhaimin menjelaskan bahwa deklarasi damai ini dimaksudkan untuk komitmen bersama penyelenggara dan peserta  demi kelancaran pilkada agar berlangsung tertib dan aman.

” Momentum ini mari kita bersama -sama berkomitmen agar memberikan rasa aman dan kepastian hukum supaya tidak terjadi sengketa atau masalah di dikemudian hari, mohon nantinya pasangan calon tidak mengumumkan dahulu statement kemenangan sebelum pengumuman resmi dari KPU ,” harapnya

Kodim 1006 Martapura menyiagakan sebanyak 150 Personil TNI yang akan bergerak sesuai arahan. Serta 250 Personil pasukan cadangan yang siap siaga di Kodim 1006 Martapura, untuk menghindari terjadinya situasi yang tidak dikehendaki.

Diakhir apel digelar penandatanganan deklarasi damai oleh pasangan calon Bupati / Wakil Bupati Banjar yang diwakili oleh ketua tim pemenangan masing-masing calon.

Reporter : Fuad Rivan
Editor : Ronny Lattar