LPKA Martapura Bersama Rupbasan Banjarmasin Gelar Upacara Hari Pahlawan 2021

445

MARTAPURA,- Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Martapura bersama Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) Kelas I Banjarmasin melaksanakan Upacara Peringatan Hari Pahlawan, 10 November 2021. di lapangan dalam Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Martapura, Rabu (10/11) pagi.

Kepala Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Martapura, sebagai Inspektur Upacara, Pejabat Struktural Eselon IV dan V serta Petugas Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Martapura, turut berhadir Kepala Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara Kelas I Banjarmasin beserta Pejabat Struktural dan JFU. Tak hanya petugas, kegiatan upacara ini juga diikuti oleh seluruh Anak Didik Pemasyarakatan (Andikpas) sebanyak 43 orang.

Inspektur upacara, Rudi Sarjono membacakan amanat dari Menteri Sosial RI. Hari Pahlawan diperingatai setiap tahun yang jatuh pada tanggal 10 November. Hal ini adalah untuk mengenang kembali jasa dan perjuangan para pahlawan yang telah berjuang untuk mengusir penjajah dari bumi Indonesia, puncaknya pada peristiwa heroik di Surabaya tahun 1945 banyak korban yang berjatuhan.

Hari Pahlawan sekiranya tidak hanya sekedar diingat setiap tanggal 10 November namun lebih dari pada itu bagaimana menanamkan nilai-nilai kepahlawanan kepada generasi sekarang untuk mengisi kemerdekaan. Maksudnya setiap insan masyarakat Indonesia seyogianya memiliki semangat kepahlawanan dan tergerak hatinya untuk membangun negeri sesuai dengan potensi dan profesi masing-masing yang perlu terus dipertahankan oleh kita semua untuk mengenang para pahlawan. Hal ini sebagaimana tema Hari Pahlawan Tahun 2021 “PAHLAWANKU INSPIRASIKU”.

Maksud dan tujuan memperingati Hari Pahlawan adalah untuk mengenang dan menghormati perjuangan para pahlawan dan pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan. Membangun ingatan kolektif untuk kemudian menggerakkan kesadaran masyarakat agar mau meneladani dan mengimplementasikan nilai-nilai luhur pahlawan dalam kehidupan sehari-hari. Merperkuat Persatuan dan kesatuan bangsa dengan dilandasi semangat dan nilai kepahlawanan dalam bingkai Negara kesatuan Republik Indonesia, meningkatkan rasa kecintaan serta kebangggaan sebagai bangsa dan negara Indonesia.

Humas LPKA Martapura
Editor : Ronny Lattar