Majukan Dunia Pendidikan, Disdik Banjar Lahirkan Berbagai Inovasi

281

MARTAPURA,- Wajar (wadah belajar) program siaran kerjasama Dinas Pendidikan dan Radio Suara Banjar menjadi salah satu inovasi Kabupaten Banjar di dunia pendidikan, selain itu juga ada inovasi Sultan (Suluh Literasi Digital) dan Petah Manis (Pelajar Tahfiz Maju Mandiri Agamis).

Demikian dijelaskan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar Liana Penny di sesi dialog dengan televisi Kementerian Kominfo GPR TV, di Command Center Manis, Selasa ( 29/11/2022 ) siang.

Dipandu presenter Mona Azhari Nissaq juga memberikan informasi secara umum perkembangan dunia pendidikan di Kabupaten Banjar. Dijelaskan Kadis Pendidikan Liana Penny dari tiga inovasi tadi menjadi salah satu bentuk kerjasama semua pihak dalam tujuan memajukan mutu pendidikan di Kabupaten Banjar.

“Urgensi yang akan dituju dari program inovasi tadi adalah menambah media pembelajaran yang menarik, menyediakan media untuk guru mengajar dan peserta didik untuk belajar khususnya yang menggunakan karakteristik audio, video, kemudian memberikan pengalaman belajar mengajar gaya baru bagi guru dan peserta didik dan tujuan terakhir adalah memfasiltasi para guru untuk berbagi praktik baik karya inovatif untuk dapat meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Banjar,” jelas Liana.

Ditambahkan Liana peran Dinas Kominfo dalam menunjang inovasi pendidikan sangatlah penting, karena Komimfo menyediakan jaringan internet sebagai penunjang program termasuk menyediakan media pembelajaran melalui radio di Suara Banjar dengan nama program Wajar, yang akan diteruskan kualitas dan eksistensi kedepannya.

Liana Penny berharap lima tahun kedepan seluruh daerah terhubung dengan jaringan internet kemudian seluruh sekolah melaksanakan kurikulum Merdeka dan semakin banyak sekolah dan guru penggerak di Kabupaten Banjar.

Reporter : Akhmad Effendy
Editor : Ronny Lattar