Pelatihan Pembuatan Kain Sasirangan PC Muslimat NU Resmi Dimulai

356

MARTAPURA,- Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan(Disperindag) Kabupaten Banjar terus mendorong upaya memberdayakan masyarakat khususnya IKM sasirangan dengan memberikan fasilitas berupa pelatihan pembuatan kain sasirangan.

Kepala Dinas Perindag I Gusti Made Suryawati mengatakan, sangat mengapresiasi kegiatan pada masa pandemi Covid-19 ini yang melanda  PC Muslimat Nahdlatul Ulama Kabupaten Banjar, dengan melaksanakan Pelatihan Pembuatan Kerajinan Kain Sasirangan.

“Semoga pelatihan yang dilaksanakan pada hari Senin 19 Oktober 2020 sampai dengan 23 Oktober 2020, dapat meningkatkan ekonomi masyarakat dengan kreatifitas yang dimiliki,” harapnya.  

Sementara itu Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Banjar Hj Raudathul Wardiyah mengatakan, sangat menyambut baik dilaksanakannya pelatihan membuat kain sasirangan ini oleh PC Muslimat NU Kabupaten Banjar dengan tema Lestarikan Sasirangan, Lestarikan Budaya Pakaian Banjar.

“Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan kemahiran para generasi muda, khususnya kaum perempuan, kain sasirangan sebagai kain khas budaya pakaian Banjar,” ungkapnya.

Hj Raudathul Wardiyah berharap para peserta pelatihan dapat mengembangluaskan motif dan kreatifitas dengan ciri khas masing-masing sehingga disukai generasi muda.

“Nantinya dapat bisa dijual melalui media sosial, di toko maupun di pasar,” katanya.

Reporter : Dila Novera
Editor : Ronny Lattar