Peningkatan Kualitas Keluarga, Tim Penilai Datangi Desa Salat Makmur

219

BERUNTUNG BARU,- Tim Peningkatan Kualitas Keluarga Daerah (TPK2D) Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak Provinsi Kalimantan Selatan lakukan penilaian peningkatan kualitas keluarga di Balai Desa Salat Makmur, Kecamatan Beruntung Baru, Kabupaten Banjar, Selasa ( 1/11/2022) pagi.

Di kesempatan tersebut dilakukan penyerahan kursi roda untuk posyandu lansia oleh Ketua TP PKK Banjar Hj Nurgita Tiyas kepada Pambakal setempat.

Ketua TP PKK Banjar Hj Nurgita Tiyas menyampaikan, rasa syukurnya karena menetapkan Desa Salat Makmur sebagai lokasi pembinaan. Penilaian TPK2D ini berbasis simultan, serentak dan bersinergi sehingga dapat berkolerasi dengan hasil.

” Apa yang kami bina tentu juga harus berkolerasi dengan hasil yang kami capai. Kesungguhan ini sangat bersinergi dengan penetapan Kabupaten Banjar menjadi salah satu penguat Kalsel untuk lumbung pangan,” imbuhnya.

Sementara Tim Penilai TPK2D Provinsi Kalsel Kartinah menyebut Desa Salat Makmur sudah dinilai baik dan masih dalam tahap verifikasi antara laporan dengan kenyataan dilapangan.

” Setelah penilaian tidak cukup hanya sampai disini, tetapi terus dikembangkan untuk membawa manfaat bagi desa setempat,” ucapnya.

Menurutnya, ada 24 indikator dari 5 dimensi kriteria dalam penilaian tersebut, diantaranya ketahanan fisik, ekonomi dan sebagainya.

Terpisah, Camat Beruntung Baru Agus Muslim menjelaskan, adanya kegiatan TKP2D ini dirinya berharap semakin memberikan semangat bagi warganya khususnya dalam upaya meningkatkan kualitas keluarga.

” Apa saja program atau kegiatan yang sudah dibimbing dan dibina PKK kabupaten akan terus dikembangkan melalui perorangan, kelompok ataupun secara keseluruhan dari PKK maupun Dasawisma desa,” tuturnya.

Kegiatan diakhiri dengan peninjauan produk unggulan desa setempat, kemudian meninjau kebun PKK desa yang memiliki luas 20 borongan dengan jenis tanaman cabai, kangkung, kelapa dan lain-lain.

Kegiatan penilaian dihadiri Kepala DPMD Syahrialludin, Kepala Dinsos P3AP2KB Hj Siti Hamidah, Kepala DKUMPP I Gusti Made Suryawati, Camat Beruntung Baru Agus Muslim, para pambakal, unsur Forkopimcam setempat serta tokoh masyarakat.

Reporter : Rifki Zidane
Editor : Ronny Lattar