Pohon Tumbang di Irigasi, Relawan Gerak Cepat

232

MARTAPURA,- Sejumlah relawan Regu 3 Bidang Pemadaman Penyelamatan dan Sarpras pada Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Banjar, langsung menuju lokasi kejadian setelah mendengar adanya laporan pohon tumbang di saluran irigasi, di Jalan Irigasi, Teluk Sanggar RT 11/02, Bincau
Kecamatan Martapura, Rabu (9/3/2022) sore.

Gusti Yudi Kasi Pemadam Kebakaran, Penyelamatan, dan Evakuasi DPKP Banjar mengatakan, pihaknya mendapatkan laporan pohon tumbang di irigasi dan langsung melakulan koordinasi dengan pihak terkait.

” ternyata benar adanya, dan menurut warga sudah beberapa hari pohon ini tumbang,” ujar Gusti Yudi yang melaporkan secara langsung via telpon di Radio Suara Banjar.

Namun dikatakan Yudi, warga sekitar tidak tahu harus  melaporkan kemana, untuk mengevakuasi pohon tersebut.  Pohon tumbang yang berada di irigasi ini memang mengakibatkan penumpukan tanaman air dan sampah.

” ini memang harus dibersihkan segera,” ujarnya.

Respon cepat para relawan untuk evakuasi pohon berhasil dilakukan dengan bantuan dari relawan lainnya seperti BPBD dan EBR Banjar.

” Kita juga sebelumnya sudah melakukan koordinasi dengan PUPR Kabupaten Banjar kemudian info diteruskan ke pihak pengelola irigasi BWS Kalimantan II,” terangnya.

Proses evakuasi pohon tumbang tersebut berlangsung sekitar satu jam, dengan cara memotong bagian dahan menggunakan mesin potong dan ditarik menggunakan unit winch BPBD dan EBR Banjar hingga selesai.

” Alhamdulillah berlangsung lancar, proses evakuasi pohon ini,” tutup Yudi.

Reporter : Ronny
Editor : Ronny Lattar