PT BBP dan PT MAS Kembali Gelar Sekolah Lapang

172

SIMPANG EMPAT,- Sebanyak 107 petani ikuti sekolah lapang Program Farmer Field Schools (FFS), yang digelar PT Banjar Bumi Persada (BBP)-PT Mitra Agro Semesta (MAS), di Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Banjar, Selasa (28/2/2023) pagi.

Public Relations PT BBP-PT MAS Nor Qomariyah mengatakan, kegiatan ini merupakan tahap kedua, dimana sebelumnya juga digelar Desember tahun lalu, di Desa Surian Hanyar Kecamatan Cintapuri Darussalam.


Dikatakan, program FFS menjadi salah satu program dalam Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) oleh PT BBP-PT MAS yang didukung oleh salah satu mitranya PT Plastisindo Bestari Wisesa (PBW) dan beberapa Dinas di Pemkab Banjar.

“Tak lupa dukungan dari Kecamatan Simpang Empat dengan harapan para petani bisa mengikuti kurikulum kedua seperti pembuatan pupuk alternatif sekaligus pengolahan budidaya tanaman lebih baik,” harapnya.

Sementara Camat Simpang Empat Fahrian Rahman menyebut, kegiatan ini adalah sebuah peluang lapangan pekerjaan dan usaha bagi kaum millenial dalam bidang bisnis terutama pada sektor pertanian serta upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan.

“Semoga dapat memberikan manfaat kepada wira usaha yang baru terutama kepada para petani millenial di Kabupaten Banjar,” ucapnya.

107 petani peserta berasal dari 6 Desa, masing-masing  Desa Pasiraman, Bawahan Selan, Pematang Danau, Mataraman, Lok Tamu dan Simpang 3. Dengan menghadirkan 12 instruktur pendamping dari P4S Patra Mandiri, Balai Penyuluh Pertanian (BPP) dari tiga Kecamatan.


Pelatihan berlangsung selama 2 hari terbagi menjadi 3 kelas, disupport padi 925 kg jenis varietas cakra buana, 111 kg pupuk NPK Mutiara, karet 1.660 bibit jenis IRR 112 dan cabai 150 tray serta 16.000 benih.
Pelatihan sendiri ditandai dengan penanaman secara simbolis 300 bibit kelengkeng super new crystal dan karet.

 

Reporter : Rifky Zidane
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra