Puluhan Operator Desa se Mataraman Ikuti Pelatihan Peningkatan Kapasitas  

64

GAMBUT,- Sebanyak 62 peserta ikuti Pelatihan peningkatan kapasitas operator desa se-Kecamatan Mataraman. Kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banjar HM Aidil Basith, di Hotel Aston Banua Kecamatan Gambut, Rabu (13/9/2023) malam.

Aidil Basith menjelaskan kegiatan tersebut difasilitasi oleh Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Mataraman bekerjasama dengan APDESI dan pihak Kecamatan Mataraman dalam rangka membangun sinergi dalam memberikan informasi kepada masyarakat. Sebagai dukungan, DKISP akan menghadirkan narasumber pembuatan website dan aplikasi.

” Dengan pelatihan ini nantinya akan memberikan pelayanan berbasis digital yang semakin cepat kepada masyarakat serta penerapan aplikasi kedalam administrasi desa untuk melanjutkan program Smart Kampung Manis,” harapnya.


Sementara Camat Mataraman Heriyanto menjelaskan implementasi Peraturan Bupati Banjar Nomor 42 Tahun 2022 bahwa salah satu tugas kecamatan melakukan pembinaan dan pengawasan kegiatan desa. Ia meminta
seluruh desa dapat mengaktifkan websitenya diintegrasikan dengan kecamatan sehingga kegiatan desa dapat terpantau.

” Informasi ini bisa ditiru oleh kecamatan lainnya sehingga kegiatan di desa dan kecamatan bisa lebih dipahami dalam rangka mewujudkan Kabupaten Banjar yang lebih maju,” harapnya.

Ketua BKAD Kecamatan Mataraman Adi Riswan menjelaskan kegiatan digelar selama 3 hari. Dari 62 peserta terdiri dari 15 pambakal, 15 operator desa, 15 perangkat desa, 2 operator kecamatan serta 15 orang dari BKAD Mataraman. Sementara narasumber kegiatan Camat Mataraman, Kabid E-Gov DKISP Banjar Cornelius Kristianto dan jurnalis.

 

Reporter : Faidillah Rajani
Editor : Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra