Tim Gabungan Tangani Karhutla di Desa Sungai Rangas Ulu  

32

MARTAPURA BARAT,- Sedikitnya 5 hektare lahan kembali terbakar dalam peristiwa kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di Desa Sungai Rangas Ulu Kecamatan Martapura Barat, Kabupaten Banjar, Sabtu (16/9/23) siang.

Setelah mendapatkan laporan, tim gabungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar lakukan penanganan sekitar pukul 16.00 Wita dengan peralatan yang disiapkan.

Menggunakan sarana 1 mobil pick up,1 mesin alkon dan 3 rol selang, tim gabungan terdiri dari BPBD, Tagana, TNI, Polri dan sejumlah relawan mampu meminimalisir luasan lahan yang terbakar setelah berjibaku selama 2 jam.

” Tim gabungan bekerja maksimal 2 jam. Api yang membakar ilalang dan  semak belukar berhasil dipadamkan,” ucap Warsita Kepala Pelaksana BPBD Banjar.

Warsita menyebut sebelumnya dilokasi yang berbeda, di Lutfia Tunggal Tanjung Rema Kecamatan Martapura, tim gabungan terdiri dari BPBD, DPKP, TNI, Polri, EBR, RAPI, BPK dan MPA juga melakukan penanganan karhutla.

Penanganan api yang membakar semak belukar dan pepohonan tersebut berlangsung sekitar 1 jam. Api berhasil dipadamkan oleh tim gabungan dengan luas lahan yang hangus sekitar 0,1 hektare.

” yang terbakar semak belukar dan pepohonan, luasannya sekitar 1.000 meter persegi,” tutupnya.

Reporter : Rifky Zidane
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra