Berita

Wabup Banjar Hadiri Peringatan haul ke-3 KH Ahmad Tarmidzi Fuadi

 

KARANG INTAN,- Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al Habsyi berbaur dengan para tokoh agama dan tokoh masyarakat serta ratusan jemaah, saat peringatan haul ke-3 KH Ahmad Tarmidzi Fuadi, di kediaman keluarga besar almarhum, di Desa Awang Bangkal Timur Kecamatan Karang Intan, Rabu (12/6/2024) malam.

 

Tidak hanya jemaah laki-laki, jemaah perempuan hingga anak-anak turut serta hadiri peringatan haul. Banyaknya jumlah jemaah yang memadati lokasi kegiatan meluber hingga ke Masjid Hidayah yang posisinya persis berdekatan dengan kediaman dan kubah almarhum.

Peringatan haul diisi dengan pembacaan maulid habsyi dan pembacaan Manaqib Syekh Samman Al Madani oleh Imam Musala Ar Raudhah Sekumpul KH Sa’duddin.

 

Dalam manaqibnya, Syekh Samman Al Madani lahir di Madinah tahun 1130 H/1718 M. Ulama yang banyak memiliki karomah tersebut adalah keturunan Nabi Muhammad SAW dari jalur Imam Hasan bin Ali bin Abu Thalib.

 

Di Madinah beliau menjadi juru kunci makam Rasulallah dan mengajar di Madrasah Sanjariyah yang banyak didatangi murid dari jauh. Murid-murid beliau yang menjadi ulama tersohor di Indonesia antara lain Syekh Muhammad Arsyad Al Banjary masyhur dengan kitab fiqih Sabilal Muhtadin, Syekh Abdul Wahab Bugis, Syekh Abdurrahman Al Misry serta Syekh Abdus Shomad Al Falimbani yang masyhur dengan kitab tasawuf Hidayatus Salikin.

Beliau wafat pada 2 Zulhijjah 1189 H/23 Januari 1776 M pada usia 57 tahun. Dimakamkan di pekuburan Baqi berdekatan dengan makam para sahabat dan istri-istri Rasulullah SAW. KH Sa’duddin juga mengajak jemaah untuk banyak-banyak membaca salawat kepada Nabi Muhammad SAW.

 

Kegiatan ditutup dengan zikir nasyid serta doa yang dibacakan oleh Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al Habsyi.

 

Tim

Editor : Ronny Lattar

Uploader : Suhendra

Terbaru

Bupati Banjar Salurkan Kartu Kendali LPG 3kg

Radio Suara Banjar

Belasan Siswa Ikuti Pelatihan Penyelenggaraan Pemulasaraan Jenazah

Radio Suara Banjar

Ikuti Webinar Literasi Digital, Indonesia Makin Cakap Digital

Radio Suara Banjar