Berita

48 Peserta Ikuti Pelatihan Pemadam Kebakaran

MARTAPURA,- Sebanyak 48 peserta ikuti pelatihan pemadam kebakaran tingkat dasar tahun 2023, yang digelar Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Banjar, di Aula BKPSDM Banjar, Kamis (5/10/2023) pagi.

Sekda Banjar HM Hilman mengatakan, sangat bangga melihat antusias peserta untuk mengikuti pelatihan dan sangat mengapresiasi DPKP Banjar dengan penuh dedikasi mampu menyelenggarakan pelatihan ini.

” Pelatihan dasar pemadam kebakaran merupakan suatu kegiatan yang sangat penting karena strategis dalam upaya membangun kemampuan dan keterampilan petugas pemadam kebakaran dalam dunia yang penuh tantangan ini, kemampuan yang cukup adalah kunci utama dalam menolong sesama,” ucap Hilman.

 

Menurut Hilman pelatihan tersebut adalah kesempatan mendapatkan ilmu untuk dipraktikkan sehingga bekerja tidak sembarangan dan dari ilmu tersebut benar-benar bisa bermanfaat.

” Kalian adalah garda terdepan yang siap sedia memberikan pertolongan dalam kondisi darurat, terutama dalam situasi kebakaran, keberhasilan dan keselamatan masyarakat banyak tergantung pada keahlian dan ketangguhan dalam mengahdapi setiap insiden kebakaran,” tambahnya.

 

Kepala DPKP Banjar Rahmat Kartolo mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar tentang alat-alat pemadam kebakaran serta cara melakukan pemadaman kebakaran yang sesuai dengan ketentuan Kementerian Dalam Negeri.

Sementara Kabid Pencegahan DPKP Banjar selaku ketua panitia pelaksana Eddy Elminsyah Jaya mengatakan, sesuai amanat peraturan Kemendagri bahwasanya pasukan pemadam kebakaran wajib memiliki keterampilan pemadam kebakaran minimal tingkat dasar.

” Semoga pelatihan ini dapat menjadi bekal pengetahuan untuk peserta dan apa yang kita cita-citakan bisa tercapai,” harap Eddy.

 

Pelatihan diikuti peserta dari pegawai DPKP Banjar yang bertugas dibidang Kebakaran selama 3 hari. Dengan materi pelatihan diantaranya tentang Teori dan Praktik K3 Bangunan dan Gedung disampaikan oleh Abdul Ghofur Dosen Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat.

 

 

Reporter : Rif’ah

Editor : Ronny Lattar

Uploader : Suhendra

Terbaru

Bupati Banjar Hadiri Rakoor Pemberantasan Korupsi di Wilayah Kalsel

Radio Suara Banjar

Warhamni Kembali Kerumah Wakil Rakyat Setelah Dilantik PAW

Radio Suara Banjar

Ikuti Webinar Literasi Digital, Indonesia Makin Cakap Digital

Radio Suara Banjar