8 Calon Pimpinan Baznas Kabupaten Banjar Ikuti Seleksi

305

MARTAPURA,- Dengan berakhirnya masa kerja pengurus dan pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Banjar periode 2017-2022, maka Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Bagian Kesejahteraan Sosial akan berusaha untuk memfasilitasi kegiatan pemilihan pimpinan Baznas Kabupaten Banjar periode 2022-2027.

Hal ini dikatakan Bupati Banjar H. Saidi Mansyur yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Banjar H. Masruri, saat membuka resmi Seleksi Pemilihan Calon Pimpinan Baznas Kabupaten Banjar Periode 2022-2027, di Aston Banua Hotel and Convention Center Gambut, Kabupaten Banjar, Sabtu (18/12) pagi.

Dikatakan, Baznas selama ini telah menghimpun dan mengelola zakat dari semua elemen masyarakat maupun birokrasi di lingkungan SKPD, BUMD dan institusi lainnya. Kemudian mendistribusikannya kepada yang berhak menerima atau mustahiq, sesuai dengan ketentuan syariat islam.

“ Terkait perkembangan Baznas Alhamdulillah, saya lihat sudah mengalami perkembangan yang cukup baik dari tahun ke tahun, dan saya harapkan tahun mendatang akan semakin lebih baik lagi, dengan pimpinan dan pengurus yang baru,“ harapnya.

Seleksi calon pimpinan Baznas ini dilaksanakan untuk menjaring pimpinan yang memiliki kompetensi di bidang pengelolaan zakat, yang menguasai hukum-hukum zakat dan menguasai peraturan-peraturan pengelolaan zakat. Adapun tim seleksi terdiri dari Assisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat H. Masruri, Kepala Kementerian Agama Najwan Noor dan tokoh masyarakat Ikhwansyah.

Seleksi diikuti oleh 8 orang peserta, dengan tahapan tes tertulis dan wawancara. Hasil seleksi akan dijadikan bahan pertimbangan bagi Bupati Banjar untuk diusulkan ke Baznas Pusat untuk mendapatkan persetujuan.

Kepada pimpinan yang terpilih nantinya, diharapkan mampu menciptakan satu kondisi masyarakat yang terpenuhi material, spiritual dan sosialnya. Dapat hidup layak dan mampu mengembangkan diri, untuk dapat melaksanakan fungsi sosialnya dengan baik, sesuai dengan visi misi Baznas dan mewujudkan Kabupaten Banjar yang Maju, Mandiri dan Agamis ( MANIS).

Reporter : Melda
Editor : Ronny Lattar