Berita

Dua Kategori Lomba Ramaikan Festival Budaya Banjar 2024

 

 

MARTAPURA,- Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Banjar melalui Bidang Kebudayaan menyelenggarakan kegiatan Festival Budaya Banjar, Jum’at (20/9/2024) sore.

Festival Budaya Banjar merupakan rangkaian Banjar Expo dan peringatan Hari Jadi ke-74 Kabupaten Banjar.

Mewakili Kepala Disbudporapar Banjar Irwan Jaya, Kasi Sejarah dan Nilai Tradisional Fahriyadi melalui WhatsApp menulis, tahun ini peserta yang ikut berpartisipasi lebih sedikit, dikarenakan berbagai alasan.

“Entah karena waktunya yang kelewatan dari persiapan sehingga ada yang tidak ikut atau karena bentrok jadwal lomba ditempat yang lain,” tulisnya.

Festival Budaya Banjar lanjut Fahriadi melombakan dua kategori, yakni sinoman hadrah sebanyak 7 grup dan maulid 27 grup, hampir sama dengan tahun sebelumnya terdiri dari 13 grup putri dan 14 grup putra.

“Terkait hadiah bertambah sedikit dari tahun sebelumnya total puluhan juta rupiah. Semoga kedepan bisa lebih meriah dan banyak kategori yang dilombakan,” tulisnya lagi.

Kegiatan yang digelar selama dua hari tersebut menghadirkan dewan juri terdiri dari 3 orang yang berasal dari Kemenag dan Dewan Kesenian Banjar.

“Semoga ada sponsorship yang berkenan memberikan dukungan bagi pelestarian Budaya Banjar ini,” harapnya.

Diketahui, Festival Budaya Banjar menjadi sarana penting untuk melestarikan dan mempromosikan warisan budaya yang kaya serta memperkuat identitas masyarakat Banjar di kancah nasional.

 

 

Reporter : Rifky Zidane

Editor : Ronny Lattar

Uploader : Suhendra

Terbaru

Pendidik PAUD Dapatkan Bantuan Dari TP PKK Banjar

Radio Suara Banjar

Bupati Banjar Kukuhkan Forum Anak Daerah

Radio Suara Banjar

Menkopolhukam Minta Sanksi Dan Tindakan Tegas Bagi Pelanggar Kampanye

Radio Suara Banjar